Breaking News:

Berita Jember

Beasiswa untuk Mahasiswa Miskin Segera Cair November, Pemkab Jember Beber Mekanisme Pengajuannya

Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 3 November mendatang. Sementara proses pencairan akan dilakukan 17 November nanti.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto (kiri). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Program pendidikan berupa beasiswa untuk mahasiswa Jember yang pernah diluncurkan Bupati Jember sebelumnya, Faida, kembali dibuka tahun ini. Di masa pemerintahan Bupati Jember sekarang, Hendy Siswanto, beasiswa untuk mahasiswa tersebut akan digelontorkan setelah melalui pembukaan pendaftaran dan seleksi.

Pemkab Jember secara resmi mengumumkan pendaftaran dan seleksi penerima beasiswa itu di laman Pemkab Jember. "Program beasiswa ini akan segera kami cairkan melalui mekanisme di Perubahan APBD tahun 2021 ini. November nanti cair," ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, Rabu (13/10/2021).

Berdasarkan jadwal, berkas permohonan kepada tim beasiswa Kabupaten Jember dilakukan pada 11 - 18 Oktober 2021. Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 3 November mendatang. Sementara proses pencairan akan dilakukan 17 November nanti.

Beasiswa itu untuk mahasiswa D-3, D-4, S-1, dan S-2. Penerima adalah warga Kabupaten Jember yang dibuktikan oleh KTP Jember. Ada 5.000 paket beasiswa yang bakal diberikan. Kriteria penerima antara lain dari keluarga tidak mampu, atau fakir miskin. Juga ada beasiswa untuk guru dan perangkat desa, serta beasiswa kompetisi khusus untuk D-4 dan S-1.

Jangka waktu pemberian beasiswa paling lama 8 semester atau 4 tahun secara berturut-turut untuk mahasiswa S1 dan D4, dan paling lama 6 semester atau 3 tahun secara berturut-turut untuk mahasiswa S2 dan D3.

Pemkab Jember berhak memperpanjang dan memberhentikan pemberian beasiswa sesuai hasil evaluasi yang dilakukan. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengajukan satu jenis beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

Anggaran beasiswa itu nantinya melekat di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. "Nantinya beasiswa yang berupa uang kuliah langsung diberikan kepada perguruan tinggi atas nama mahasiswa penerima," tegas Hendy.

Pemkab Jember meneruskan program beasiswa itu setelah ada penilaian dan audit keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan. Pemkab Jember memperbaiki sejumlah hal berdasarkan evaluasi dari BPK terkait program tersebut. *****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved