Breaking News:

Berita Gresik

Presiden Joko Widodo: Smelter Freeport di Gresik Terbesar di Dunia

Presiden Joko Widodo menandai groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di KEK JIIPE Gresik

Penulis: Willy Abraham | Editor: Cak Sur
Istimewa
Presiden Joko Widodo meresmikan groundbreaking pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di KEK JIIPE, Gresik, Selasa (12/10/2021). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Presiden Joko Widodo menandai groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kecamatan Manyar, Gresik.

Dampak yang diberikan kepada masyarakat akan cukup besar. Menjadi daya tarik investasi ke Gresik dan menyerap banyak tenaga kerja.

Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik ini dibangun di lahan seluas 103 hektare dengan nilai investasi 3 miliar dolar Amerika atau Rp 42 triliun. Pada proses kontruksinya saja dapat menyerap tenaga kerja hingga 40 ribu orang.

Presiden Joko Widodo menuturkan, smelter akan memproses 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Sedangkan kapasitas pabrik pemurnian anoda untuk menjadi emas, mencapai 6.000 ton per tahun. Konsentrat tembaga diangkut truk berkapasitas 3 ton, maka akan berjejer ratusan truk di JIIPE.

“Smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line, terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Bayangkan berapa truk yang akan berjajar di sini, kalau isinya 3 ton satu truk kecil itu berarti ada 600 ribu truk berjajar di sini bayangkan, ini gede (besar) sekali. Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke sini, khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini,” ucapnya dalam kanal youtube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga berjanji pihaknya akan mendukung agar iklim investasi kian membaik.

"Infrastruktur kami dukung, kemudahan dan kepastian usaha kami dukung, ketersediaan SDM sesuai kebutuhan industri pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten akan ikut kami dukung agar KEK Gresik, Indonesia akan diminati tujuan investasi," terangnya.

Freeport menargetkan pembangunan smelter tembaga di Gresik dapat rampung pada 2023, dengan kapasitas pengolahan konsentrat tembaga 2 juta ton per tahun. Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun smelter di Gresik diperkirakan mencapai 3 miliar dolar Amerika.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Kemudian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto rurut mendampingi Presiden ke Gresik.

Usai groundbreaking, Presiden Joko Widodo langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved