Breaking News:

Berita Sidoarjo

Jelang Pemilu 2024, KPU Ajak Desa Peduli Proses Pemilu Daerah hingga Nasional

KPU RI mensosialisasikan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) untuk mendorong peningkatan kapasitas masyarakat dalam pemilu.

Penulis: M Taufik | Editor: Parmin
surya.co.id/m taufik
Komisioner KPU RI Arif Budiman saat di Sidoarjo, Selasa (12/10/2021). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pemilu 2024 masih jauh, tapi hiruk-pikuk pelaksanaannya sudah menggema di berbagai wilayah. Bahkan di desa-desa yang ada di Sidoarjo.

KPU RI sebagai penyelenggara juga sudah mensosialisasikan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) untuk mendorong peningkatan kapasitas masyarakat dalam pemilu.

"DP3 ada program yang disiapkan untuk penyelenggaraan pemilu daerah 2024," kata Komisioner KPU RI, Arif Budiman saat hadir dalam acara penandatanganan MoU antara KPUD Jatim dan Desa Bakung Pringgodani, di Sidoarjo, Selasa (12/10/2021).

Arif menyebut, program ini sebenarnya ditargetkan untuk seluruh provinsi, dan seluruh kabupaten / kota di tahun 2021.

Karena pandemi, maka diatur bertahap. Dari 34 provinsi, masing-masing provinsi diberikan kesempatan kepada dua daerah kabupaten/kotanya untuk mendapatkan DP3 dari KPU Pusat.

Di Jawa Timur yang dinilai siap oleh KPU adalah Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Makanya kegiatan itu digelar di Sidoarjo.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KPU untuk memilih Kota/Kabupaten adalah kesiapan pemerintah kabupaten, kemudian dukungan dan kerja sama.

“Ini kan bukan pekerjaan yang mudah, bukan pekerjaan yang murah, jadi memang membutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten. Sidoarjo sudah memberikan dukungannya," ujarnya.

Harapannya, melalui program ini masyarakat mau terlibat dan peduli pada proses penyelenggaraan pemilu daerah hingga nasional.

Kader-kader yang dipilih, akan meneruskan informasi ke masyarakat, sehingga informasinya tersebar luas yang mengakibatkan masyarakat memiliki kepedulian dan edukasi tentang pemilihan umum.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved