Breaking News:

Berita Nganjuk

Kasus Positif Covid-19 d Nganjuk Melonjak Lagi, Disumbangkan 41 Kasus Dari Penghuni Rutan

"Mereka saat ini telah ditempatkan di satu blok karantina tersendiri untuk isolasi di dalam rutan," kata Yasin, Senin (11/10/2021).

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Rutan Kelas IIB Nganjuk. Ada 30 napi dinyatakan positif Covid-19. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Mencuatnya penambahan 41 kasus positif Covid-19 dalam sehari di Nganjuk, mengejutkan Satgas Covid-19 Kabupaten Nganjuk. Hal itu diketahui dari hasil tracing dan testing yang dilakukan terhadap penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Nganjuk.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk, M Yasin mengatakan, setelah diketahui ada 30 penghuni Rutan positif Covid-19, pihaknya bersama Rutan langsung melakukan karantina di dalam rutan. Ini dengan pertimbangan faktor keamanan apabila penghuni rutan dilakukan Isolasi di luar.

"Mereka saat ini telah ditempatkan di satu blok karantina tersendiri untuk isolasi di dalam rutan," kata Yasin, Senin (11/10/2021).

Dijelaskan Yasin, saat ini tim Satgas Covid-19 bersama pihak rutan masih terus melakukan proses tracing untuk bisa mengetahui dari mana penyebaran virus. Ini karena penghuni rutan yang baru masuk sudah dipastikan melalui swab test dan hasilnya negatif.

"Dengan demikian penyebaran Covid-19 di Rutan tersebut dimungkinkan dari penghuni lama yang kemungkinan belum di vaksin atau dari pengunjung status OTG (orang tanpa gejala) yang berkumpul dengan banyak penghuni rutan," ucap Yasin.

Karena itu, ungkap Yasin, Satgas Covid-19 mengharapkan kasus positif Covid-19 penghuni Rutan tidak terus menyebar dengan karantina. Selain itu, Satgas Covid-19 akan melihat data tentang kegiatan vaksin terhadap penghuni Rutan Nganjuk.

"Dari situ apabila masih ada penghuni rutan yang ternyata belum divaksin Covid-19 maka akan diupayakan dilakukan kegiatan vaksin secepatnya," tutur Yasin.

Seperti diketahui, berdasar data perkembangan vaksin Covid-19, terjadi penambahan 41 kasus positif, Minggu (10/10/2021). Penambahan kasus positif itu terjadi ketika masih ada penambahannya dikisaran 5 - 10 kasus dalam sehari di Nganjuk atau penambahan telah melandai.

Dengan adanya tambahan kasus positif Covid-19 di rutan itu, maka total jumlah kasus Covid-19 di Nganjuk hingga saat ini mencapai 12.715. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved