Breaking News:

Berita Situbondo

Banyak OPD Belum Garap Proyek Non-DAK, DPRD Situbondo : Waktu Dua Bulan Tak Mungkin Selesai !

Basori mengatakan, dengan waktu yang sangat mepet sekarang, pihaknya tidak yakin bahwa proyek-proyek non-DAK itu akan selesai tepat waktu.

Penulis: Izi Hartono | Editor: Deddy Humana
surya/izi hartono
Ketua Komisi III DPRD Situbondo, Bashori Shonhaji. 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Komisi III DPRD Situbondo menyoroti belum dilaksanakan proyek pembangunan infrastruktur non-DAK (Dana Alokasi Khusus) yang melekat di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Situbondo.

Belum ditanganinya proyek-proyek itu menjadi perhatian karena saat ini sudah hampir memasuki akhir tahun, sehingga dipastikan sulit terselesaikan tepat waktu.

"Sepengetahuan anggota Komisi III, proyek pembangunan dari dana non-DAK itu sampai sekarang belum ada yang dikerjakan. Padahal ini sudah masuk triwulan terakhir, " ujar Basori Shonhaji, Ketua Komisi III kepada SURYA, Senin (11/10/2021).

Basori mengatakan, dengan waktu yang sangat mepet sekarang, pihaknya tidak yakin bahwa proyek-proyek non-DAK itu akan selesai tepat waktu. "Apalagi sebentar lagi musim hujan. Ini jadi persoalan dan kasihan rekanannya, kira-kira benang kusutnya ada di mana," kata mantan ketua DPRD ini.

Padahal dengan dilaksanakan proyek pembangunan non-DAK, kata politisi PKB itu, maka akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. "Seharusnya ada penjelasan dari pihak terkait, terutama OPD," tegas Basori.

Tidak dijelaskan apa bentuk proyek non-DAK yang dipersoalkan Komisi III. Juga, berapa besaran anggaran proyek infrastruktur yang melekat di setiap OPD.

Basori menegaskan, sejauh ini belum ada penjelasan terkait belum dikerjakannya proyek non DAK tersebut. "Saat kita tanyakan ke ULP, katanya proyek non-DAK itu melekat di OPD masing masing," ungkap Basori.

Ia menjelaskan, Komisi III menduga bahwa berjalan tidaknya proyek pembangunan non-DAK itu, sebenarnya tergantung pada OPD yang membawahinya. "Itu yang harus digali, apa masalahnya. Kami kasihan dengan masyarakat penerima manfaat," ujar Basori.

Ia mendesak agar OPD segera merealisasikan proyek non-DAK itu, karena waktunya hanya tinggal dua bulan. "Ini akan menjadi catatan dan evakuasi Komisi III," ucapnya.

Sementara Bupati Situbondo, Karna Suswandi yang dikonfirmasi mengaku bahwa pihaknya masih akan melihat realisasi di lapangan. "Masak proyek (non-DAK) belum jalan. Saya harap OPD-OPD mampu melakukan penganggaran dengan baik," ujar Bung Karna. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved