Breaking News:

Berita Sidoarjo

Anggaran Rp 11,6 Miliar Bakal Terangi Sidoarjo, Targetkan Banyak PJU Terpasang di Beberapa Kecamatan

“Benar, ada pengadaan untuk penambahan PJU di sejumlah titik,” ujar Edy Sutiono, Kepala Bidang Pertamanan

Penulis: M Taufik | Editor: Deddy Humana
surya/m taufik
Lampu PJU yang sudah terpasang di kawasan Buduran, Sidoarjo. Pemkab bersiap menambah lampu-lampu penyerangan jalan di sejumlah wilayah melalui APBD 2021. 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Dalam waktu dekat, wilayah Kabupaten Sidoarjo akan semakin benderang di malam hari. Itu setelah Pemkab Sidoarjo memastikan merogoh anggaran tidak sedikit untuk membeli lampu penerangan jalan umum (PJU) yang akan dipasang di beberapa kecamatan.

Tidak main-main, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), pemkab mengalokasikan dana sebesar Rp 11,6 miliar untuk pengadaan PJU-PJU itu. Dan anggaran sebesar itu sudah ada dalam APBD Sidoarjo dan programnya sudah masuk tender.

“Benar, ada pengadaan untuk penambahan PJU di sejumlah titik,” ujar Edy Sutiono, Kepala Bidang Pertamanan dan PJU DLHK Sidoarjo, Senin (11/10/2021).

Penambahan PJU ini tersebar di sejumlah wilayah kecamatan. Termasuk Kecamatan Wonoayu, Pambon, Krian, Balongbendo, dan Tarik yang dialokasikan sebesar Rp 5,1 miliar.

Selain itu ada juga penambahan PJU di kawasan Kecamatan Gedangan, Waru, Sukodono, dan Kecamatan Sedati yang pagunya mencapai Rp 4,9 miliar.

Lantas ada penambahan lampu PJU di Kecamatan Candi, Buduran, dan Sidoarjo Kota yang anggarannya sekira Rp 1,6 miliar.

Semakin banyak PJU yang terpasang, tentu jalanan di Kota Delta bakal semakin terang saat malam. Selain berfungsi untuk kenyamanan pengguna jalan, tentu bisa meminimalisir tindak kriminalitas di jalan raya saat malam hari.

Selain di jalan raya, PJU-PJU juga akan ditambahkan di sejumlah pasar tradisional. Setidaknya ada sekitar 100 PJU baru yang bakal dipasang di pasar-pasar.

"Lokasinya tersebar. Ada yang dipasang di Pasar Larangan, Pasar Sukodono, Pasar Taman, Pasar Krian, Pasar Porong dan beberapa pasar lainnya," kata Kabid Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo, Hudi Prasetyo.

Disperindag Sidoarjo menargetkan, pemasangan lampu-lampu penerangan itu sudah selesai pada November mendatang. Titik pemasangan juga beragam. lampu-lampu penerangan itu ada yang dipasang di halaman pasar, ada juga di dalam areal pasar, menyesuaikan kebutuhan penerangannya.

"Kalau kebutuhannya menambah penerangan di luar, ya dipasangnya di halaman. Tetapi yang butuh tambahan penerangan di dalam, tentu dipasang di dalam pasar," lanjutnya.

Yang pasti, titik-titik pemasangan diutamakan di lokasi yang cenderung gelap alias butuh penerangan tambahan. Utamanya untuk pasar-pasar yang beroperasi sejak dini hari atau sampai tengah malam.

PJU yang dipasang di pasar-pasar itu semuanya memakai tenaga surya. Tidak perlu disambungkan ke listrik. Sehingga pemerintah tidak terbebani listrik tambahan atas program ini. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved