Breaking News:

Berita Surabay

Kisah Indonesian Street Lion Pamerkan Tarian Barongsai dari Kampung ke Kampung di Surabaya

Barongsai yang paling sering digunakannya untuk mengamen di permukiman warga, adalah Barongsai Bebek.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Parmin
surya.co.id/luhur pambudi
Andre dan barongsai Indonesian Street Lion Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Suara dentuman tambur berpadu dengan irama simbal cengceng menyeruak di tengah permukiman padat kawasan Jalan Dukuh Gemol II, Wiyung, Surabaya, Minggu (10/10/2021) siang itu.

Sejumlah warga, tampak keluar untuk mencari sumber irama khas kesenian asal China itu.

Beberapa diantara mereka mengira, sumber irama kesenian itu berasal dari perayaan hari raya Imlek atau semacamnya yang berlokasi tak jauh dari permukiman mereka.

Tapi itu, mustahil, karena imlek baru saja dirayakan sembilan bulan lalu, tepatnya Jumat (12/2/2021) silam.

Namun, rasa penasaran warga akan suara irama kesenian itu, terbayarkan, saat belasan orang bocah yang semula anteng dengan gadgetnya di dalam rumah mereka, menyeruak keluar, berlarian ke arah depan ujung gang.

Ternyata, di sana terdapat, sekelompok pemuda berjumlah lima orang memainkan tarian barongsai jalanan, dengan sebuah tambur berjalan yang diletakkan di atas troli beroda dua.

Mereka merupakan anggota Indonesian Street Lion Kota Surabaya, yang sudah menyajikan kesenian Barongsai dengan metode jalanan (on the street) di Kota Surabaya, sejak enam bulan lalu.

Di tengah terik siang, dua orang pemain Barongsai Bebek berwarna merah itu, tampak atraktif berlenggak-lenggok menggerakkan kostum tersebut seraya mengikuti ketukan irama Tambur yang berpadu padan dengan ceng-ceng simbal.

Selain beratraksi mempesona warga yang penasaran dengan kesenian itu, dengan mengangkat kepala barongsai ke atas langit bertumpu pada dua kaki pemain barongsai di bagian belakang.

Sesekali barongsai itu, tampak menggeleng-gelengkan kepala dengan begitu manjanya, tatkala kepala barongsai itu dipegang oleg tangan anak-anak ataupun balita.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved