Breaking News:

Berita Situbondo

Disertai Dentuman, Rumah Warga Situbondo Terbakar; Dipicu Pembakar Sampah Misterius

membakar tumpukan sampah lalu api menjalar ke tanaman bambu kemudian merembet juga ke dapur rumah Sumilani.

Penulis: Izi Hartono | Editor: Deddy Humana
surya/izi hartono
Puinhg rumah warga yang terbakar di Dusun Pancor, Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan Situbondo, Minggu (10/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Hanya sehari setelah kebakaran di Kecamatan Kendit, kejadian serupa terjadi di Kecamatan Panarukan. Kali ini menimpa rumah milik Sumilani (50), warga Dusun Pancor, Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan Situbondo setelah api melalap bagian dapurnya, Minggu (10/10/2021) siang.

Tidak disebutkan apa penyebab kebakaran itu, tetapi diduga ada seseorang sengaja membakar sampah yang tidak jauh dari rumah Sumilani. Sedangkan saat kejadian, Sumilani masih bekerja di sawah.

Orang misterius itu diduga membakar tumpukan sampah lalu api menjalar ke tanaman bambu kemudian merembet juga ke dapur rumah Sumilani. Sumilani baru mengetahui dapurnya ludesnya terbakar setelah dijemput saudaranya. "Tadi yang menjemput tidak bilang kalau dapur rumah terbakar," kata Sumilani kepada SURYA.

Bagian rumah yang tebakar, kata Sumilani, sebenarnya bukan dapur, melainkan rumah yang tidak ditempati karena anaknya sedang bekerja di luar kabupaten. "Saya menempati rumah anak saya, sedangkan yang terbakar dijadikan tempat penyimpanan kayu dan pakan sapi saya," jelasnya.

Sumilani bersyukur karena para tetangganya bergerak cepat untuk membantu memadamkan kobaran api sehingga tidak merambat ke rumah utamanya. "Terima kasih, apalagi motor saya juga diselamatkan dari dalam rumah," ujar Sumilani.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh Muniati (50), yang tidak lain tetangganya sendiri. Muniati menceritakan, saat itu ia mendengar suara dentuman sehingga bergegas mendatangi sumber suara.

Begitu melihat sumber dentuman, Muniati terkejut karena melihat kobaran api membakar dapur milik tetangganya. "Apinya sudah membesar dan saya langsung berteriak minta tolong," kata Muanti.

Dalam waktu singkat puluhan warga berdatangan dna langsung berupaya memadamkan kobaran api. Upaya warga kemudian didukung dua unit mobil pemadam kebakaran damkar).

"Berkat kekompakan warga, api berhasil dipadamkan. Sehingga api tidak menjalar ke rumah disampingnya," kata Ipung, anggota pusdalop BPBD Situbondo. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved