Breaking News:

Berita Surabaya

Ratusan Anak Ikuti Khitanan Massal di Rumah Sakit Angkatan Laut dr Ramelan Surabaya

Ratusan anak mengikuti khitanan massal di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa RSAL Surabaya
Peserta khitan menangis sambil bermain handphone saat proses khitan massal di RSAL Dr Ramelan, Sabtu (9/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Ratusan anak mengikuti khitanan massal di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelan Surabaya, Sabtu (9/10/2021).

Sejak pagi, sebanyak 70 tenaga kesehatan RSAL dr Ramelan sudah bersiap melakukan khitan pada anak-anak yang mayoritas masih di bangku SD.

Suara jerit tangis dan ocehan lucu anak-anak yang dikhitan mulai terdengar saat proses operasi dilakukan, meskipun perhatian mereka sudah dialihkan oleh orang tuanya maupun permainan di handphone yang dipegang mereka.

Seperti salah satu peserta khitan yang menjerit meminta dokter segera menyelesaikan proses khitan.

"Dok, diapakno maneh (diapakan lagi), aduh disuntik ta, geli dok, bismillah," teriaknya hingga mengundang tawa orang tua yang mendampinginya.

Baca juga: Gowes di Kabupaten Banyuwangi, Nikmati Panorama Alam Sampai Aksi Sosial

Sementara itu, Retno Puspitasari, warga kelurahan Jagir salah satu orang tua yang harus menenangkan anaknya untuk melanjutkan khitan meskipun anaknya menangis ketakutan.

"Tadi dengar ada yang nangis teriak-teriak anaknya sempat takut juga. Karena anak saya penakut, jadi nyari yang barengan di khitanan massal ini biar nggak takut. Kebetulan dekat rumah juga," ujar ibu pasien yang duduk di kelas lima tersebut.

Retno juga berterimakasih dan menyampaikan penghargaan kepada TNI AL atas acara yang digelar sehingga ia bisa melakukan khitan pada anaknya secara gratis.

Serentak di 80 Faskes TNI AL

Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr Agus Guntoro Sp Bs mengungkapkan acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kesehatan TNI AL yang bertemakan “Dengan Semangat Harkesal, TNI AL Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

"Korps Kesehatan TNI AL melaksanakan kegiatan Bakti Kesehatan berupa Khitanan Massal serentak seluruh Indonesia diseluruh Kesatuan TNI AL dengan target Khitan 2767 orang. Tetapi ternyata antusias masyarakat besar, sehingga jika tidak selesai hari ini akan kami perpanjang besok," urainya.

Dikatakannya, setidaknya 80 faskes TNI AL dari sabang sampai merauke menggelar khitan massal di daerahnya.

Khitanan massal dipilih karena kebutuhan akan khitan di masyarakat cukup besar.

Ini karena selama pandemi banyak kegiatan sosial tidak bisa dilakukan.

BACA JUGA BERITA SURABAYA LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved