Breaking News:

PON XX Papua 2021

Panjat Tebing Jatim Juara Umum PON XX Papua, Emas Terakhir dari Nomor Combine Perorangan Putra

Tim panjat tebing Jatim sukses menjadi juara umum di PON XX Papua 2021, dengan mendulang enam medali emas, lima perak, dan tiga perunggu.

Penulis: Dya Ayu | Editor: Parmin
Foto: koni jatim
Atlet dan pengurus panjat tebing Jatim dalam sesi foto bersama. Panjat tebing Jatim juara umum PON XX Papua 2021. 

SURYA.co.id | JAYAPURA - Tim panjat tebing Jatim sukses juara umum di PON XX Papua 2021, dengan mendulang enam medali emas, lima perak, dan tiga perunggu.

Emas terakhir Jatim dipersembahkan oleh Fatchur Roji dari nomor combine perorangan putra di venue Panjat Tebing, Jalan SP2 Poros SP5 Timika, Jumat (8/10/2021).

Medali perak direbut Ravianto Ramadhan wakil Papua, dan medali perunggu diambil Rindi Afrianto yang juga dari Jatim.

Posisi runner-up perolehan medali ditempati tim panjat tebing tuan rumah Papua, mengumpulkan tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Sedang urutan ketiga diisi Jawa Tengah dengan torehan dua medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Dengan hasil tersebut, praktis perolehan medali emas Jatim melebih target.

"KONI Jatim hanya memberi target lima medali emas, tapi kami bisa mempersembahkan enam medali emas," kata pelatih kepala tim panjat tebing Jatim, Dhanu Isworo, Jumat (8/10/2021).

"Sebenarnya kami berharap bisa menambah satu medali emas lagi dari nomor boulder beregu putri, tapi lepas. Padahal nomor ini termasuk target kami," tambahnya.

Di nomor boulder beregu putri ini, Jatim yang menurunkan Fitria Hartani, Kharisma Ragil Rakasisi, Choirul Umi Cahyaning Ayub, dan Amanda Narda Mutia hanya mampu merebut medali perak.

Medali emas diraih atlet Nusa Tenggara Barat. Sedang medali perunggu menjadi milik Jawa Barat.

"Nomor ini lepas karena saya akui NTB memang tampil lebih bagus. Terutama Nurul Iqomah yang merupakan atlet pelatnas," jelasnya.

Kendati demikian, dibandingkan PON Jabar 2016 prestasi panjat tebing Jatim jauh lebih bagus.

Saat PON di Jabar, Jatim hanya membawa pulang tiga medali emas.

Untuk program selanjutnya, tim panjat tebing Jatim akan bersiap menghadapi Kejuaraan Dunia Panjat Tebing yang agendanya akan digelar di Bali, September 2022.

"Kami berharap agar atlet Jatim yang dipanggil masuk skuad pelatnas lebih banyak lagi jika ada seleknas. Selain itu kami juga sudah waktunya regenerasi," ujar Dhanu.

Saat ini, atlet panjat tebing Jatim yang masuk skuad pelatnas baru satu orang, yakni Rahmad Adi Mulyono, atlet nomor speed.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved