Breaking News:

Berita Pasuruan

Menjelang Muktamar Akhir 2021, IGGI Menilai Sudah Saatnya Ada Regenerasi Kepemimpinan di NU

"Tujuannya agar NU terus maju seiring perkembangan zaman," kata Dr H Ahmad Fahrur Rozi, Ketua IGGI, Jumat (8/10/2021).

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Deddy Humana
istimewa
Ketua IGGI (Ikatan Gus-Gus Indonesia), Dr H Ahmad Fahrur Rozi. 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dijadwalkan baru akan menggelar muktamar digelar pada 23-24 Desember 2021, namun sudah mencuatkan banyak dinamina. Dinamikan menjelang muktamar NU ini mendapat respons dari Ikatan Gus - Gus Indonesia (IGGI) yang sekaligus mengeluarkan sikapnya.

Salah satu sikap menarik yang tertuang dalam rilis tertulis IGG, adalah harapan agar sudah saatnya yang muda memimpin (PBNU). Proses kaderisasi organisasi harus berjalan dengan regenerasi kepemimpinan.

"Tujuannya agar NU terus maju seiring perkembangan zaman," kata Dr H Ahmad Fahrur Rozi, Ketua IGGI, Jumat (8/10/2021).

Rozi mengatakan, sudah seharusnya setiap pemimpin menyadari bahwa masa kepemimpinannya terbatas dan diperlukan regenerasi untuk mempersiapkan kader muda.

"Nantinya kader muda siap menjadi penerus kepemimpinan di negeri ini, masa dua periode sudah sangat cukup untuk melahirkan pemimpin baru," lanjut Rozi.

Pengasuh PP Annur Bululawang Malang ini menyampaikan, perlu ada batasan masa khidmah untuk Ketua Tanfidziyah NU di semua tingkatan, yaitu maksimal dua kali masa jabatan.

Sesuai Keputusan Musykerwil PWNU ke-1 pada 29-30 November 2019 di PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Komisi Organisasi bab materi usulan ke Muktamar 34 poin 2 angka 9.

Poin itu berisikan perlu adanya penataan di pasal 16 AD tentang masa khidmat kepengutusan NU, ditambah sub pasal masa khidmah Ketua Tanfidzyah dua kali masa jabatan, untuk proses regenerasi.

"Usulan pembatasan masa jabatan ini sudah diputuskan sebagai materi muktamar dan telah tercatat dalam buku hasil keputusan Munas Konbes NU di kota Banjar pada Februari 2019. Di halaman 79," tambah Wakil ketua PWNU Jatim itu.

IGGI berharap nantinya bisa tampil pemimpin baru dari generasi muda yang membawa semangat perubahan, aktif, energik, penuh spirit, kreatif, visioner, pekerja keras, serta mempunyai nilai positif bagi kemajuan bangsa dan kesatuan NKRI. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved