Breaking News:

Pemprov Jatim

Jatim Fair Sosong HUT Ke-76 Prov Jatim Digelar Hybrid, Pamerkan Ribuan Produk UKM dan IKM Andalan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar Jatim Fair jelang peringatan HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah didampingi Wagub Emil Dardak dan istri meninjau salah satu stan saat membuka Jatim Fair Hybrid di Grand City Convention Center Surabaya, Jumat (8/10/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menggelar Jatim Fair jelang peringatan HUT ke-76 Provinsi Jawa Timur.

Jatim Fair dihelat secara hybrid, yakni sistem online dan offline itu dibuka secara langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di City Convention Center Kota Surabaya, Jumat (8/10/2021). 

Selain Gubernur Khofifah, pembukaan Jatim Fair Hybrid ini juga dihadiri Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim Arumi Bachsin, Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, perwakilan Konjen Jepang, para bupati dan walikota dan juga jajaran pejabat terkait. 

Lantaran masih dikondisi pandemi, pembukaan Jatim Fair Hybrid ini dihelat secara ketat protokol kesehatan. Para tamu yang datang dipastikan masuk dalam kategori hijau di aplikasi Peduli Lindungi. 

Pasalnya para pengunjung yang datang ke pameran Jatim Fair yang digelar lima hari dari tanggal 8 Oktober hingga 12 Oktober 2021 Grand City ini, mereka bisa melihat langsung produk produk UMKM dan IKM Jawa Timur yang dipamerkan di 172 stan. Namun yang online pun tak kalah menarik. 

Dengan menggandeng marketplace Tokopedia, ribuan produk UMKM, UKM dan IKM Jatim ditawarkan dengan aneka promo menarik. Mulai diskon, cahsback, hingga ada pula yang menawarkan gratis biaya pengiriman. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai acara pembukaan menyampaikan bahwa Jatim Fair Hybrid yang digelar tahunan jelang HUT Provinsi Jawa Timur. Di tahun ini Jatim Fair sengaja mengangkat tema Jatim Bangkit. Dengan harapan, ajang ini akan mendorong kebangkitan ekonomi lokal Jawa Timur. 

"Alhamdulillah hari ini kita memulai Jatim Fair ini, ini adalah ekspo dari produk-produk andalan Jawa Timur. Kita lakukan secara hybrid, jadi ada yang offline, ada yang virtual, temanya Jatim Bangkit. Karena kita ingin di saat yang sama ekonomi kita bangkit," kata Gubernur Khofifah. 

Tema Jatim Fair ini sama dengan tema HUT Provinsi Jatim yang juga Jatim Bangkit. Sebab sebagaimana diketahui bahwa masa pandemi ini membuat terjadinya kondisi pelemasan, pelemahan pertumbuhan UMKM Jatim. Terutama saat bulan Juli dan Agustus saat PPKM Darurat dan Berlevel. 

"Yang patut kita syukuri, saat ini Jawa Timur sudah asesmen Kemenkes level satu dan sudah lebih dari bulan. Maka memang kita harus mulai menyeiringkan antara gerak ekonomi masyarakat, gerak pelaku UMKM dan IKM dan gerak ekonomi korporasi di Jawa Timur," tegasnya. 

Menurutnya saat ini UMKM UKM dan IKM Jatim sudah menyalakan mesin untuk gas pol. Terbukti, banyak produk UMKM dan IKM Jatim yang kini sudah tembus pasar ekspor.

Bahkan di pembukaan Jatim Fair sore ini juga sempat ditampilkan testimoni importir produk UMKM Jatim. Dimana mereka puas dengan produk Jatim dan banyak diaspora maupun warga luar negeri yang berminat dengan produk UMKM dan IKM Jatim. 

"Maka sesungguhnya koneksi jaringan dengan negara-negara tujuan, para pembeli juga harus terus ditumbuhkembangkan. Kita berharap bahwa ini bisa mendorong semangat untuk kebangkitan ekonomi di Jawa Timur yang lebih signifikan dan tentu kita berharap bahwa gerakan ekonomi ini akan tetap berseiring dengan upaya pengendalian dan pelandaian covid-19 di Jawa Timur," pungkas Khofifah. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved