Breaking News:

Berita Tulungagung

Tak Kuat Menanjak, Truk Bekatul di Tulungagung Mundur Lalu Seret Truk Tangki Susu ke Sungai

Kecelakaan dua kendaraan besar itu terjadi di jalan menanjak di Jalan Raya Desa Karanganom, Kecamatan Kauman

Penulis: David Yohanes | Editor: Deddy Humana
dokpol Polres Tulungagung
Dua truk yang masuk sungai di Desa Karanganom, Kecamatan Kauman Tulungagung, Kamis (7/10/2021). 

SURYA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Kelebihan muatan dan tidak kuat menaiki jalan menanjak, sebuah truk bermuatan bekatul nopol AG 8153 EA mengalami kecelakaan dengan terjun ke dalam sungai di Tulungagung, Kamis (7/10/2021). Tetapi truk itu tidak sendirian, melainkan juga 'mengajak' sebuah truk tangki susu di belakangnya untuk masuk ke sungai tersebut.

Kecelakaan dua kendaraan besar itu terjadi di jalan menanjak di Jalan Raya Desa Karanganom, Kecamatan Kauman Tulungagung, Kamis (7/10/2021) siang.

Dua kendaraan itu adalah truk bermuatan bekatul dan truk tangki susu AG 8447 YK yang dalam kondisi kosong. Truk bekatul itu mundur karena tak kuat menanjak, lalu mengenai dan mendorong truk susu di belakangnya, sampai terjun bersamaan ke sungai.

Menurut Kapolsek Kalangbret, AKP Puji Hartanto, kedua mobil angkutan barang ini berjalan beriringan dari arah Timur ke Barat di jalan yang menanjak.

Saat itu truk nopol AG 8153 EA bermuatan bekatul untuk pakan sapi melaju di depan, sedangkan truk tangki susu AG 8447 YK mengikuti dari belakangnya.

Namun saat menaiki jalan menanjak, diduga muatan truk bekatul terlalu berat sehingga tidak kuat menanjak. “Jalan yang menjadi lokasi kecelakaan menikung dan menanjak. Truk bekatul diduga tidak kuat kemudian berjalan mundur,” terang Puji, Kamis (7/10/2021) sore.

Truk muatan bekatul yang mundur pun menabrak tangki susu di belakangnya. Lalu mendorong truk tangki susu hingga dua kendaraan ini meluncur ke arah saluran irigasi.

Kedua kendaraan itu pun seketika terguling di sungai dengan posisi truk ada di sisi bawah dan muatannya berserakan. Truk berwarna biru ini terbalik, dengan empat rodanya ada di atas, hanya sedikit miring karena terganjal muatannya.

Sopir truk tangki susu yang bernama Wariyanto (33), warga Dusun Selogiri RT 1/5 Desa Penjor, Kecamatan Pagerwojo, mengalami luka ringan.

Sedangkan sopir truk bekatul, Fatkul Munir (38), warga Jalan Sawo III/J, Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri tidak mengalami luka yang berarti. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Kedua pengemudi sama-sama luka ringan,” sambung Puji.

Personel Polsek Kalangbret mengamankan lokasi agar memudahkan proses evakuasi. Karena evakuasi tidak mungkin secara manual, polisi mendatangkan ekskavator.

Truk tangki susu yang kosong lebih dulu dievakuasi dengan mudah. Sementara truk bekatul harus dikeluarkan seluruh muatannya lebih dulu, sebelum ditarik kembali ke jalan. “Perkara ini telah kami serahkan ke Unit Laka Lantas Satlantas Polres Tulungagung,” tandas Puji. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved