Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Borong Kripik Gedebog Pisang, Arumi Apresiasi UMKM Kabupaten Jember

Untuk memberikan mentoring dan pendampingan kepada para pelaku UMKM di Jember, Ketua Dekranasda Jatim membuka kegiatan bazar dan pelatihan

Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak membuka kegiatan Bazar dan Pelatihan Enterpreneurship Coaching di Yonarmed 8/105 Kabupaten Jember, Kamis (7/10/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Untuk memberikan mentoring dan pendampingan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak membuka kegiatan Bazar dan Pelatihan Enterpreneurship Coaching di Yonarmed 8/105 Kabupaten Jember, Kamis (7/10/2021).

Untuk pertama kalinya, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak tersebut mencicipi kripik gedebog pisang hasil olahan UMKM Kabupaten Jember.

"Saya borong kripik gedebog pisang, karena ini adalah cemilan yang unik. Apalagi tadi saya lihat sudah dilengkapi dengan nomor P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga), sudah pasti enak dan sehat," ujar Arumi.

Kripik gedebog pisang yang dicicipi oleh Arumi tersebut merupakan inovasi terbaru dari peserta bazar pada produk olahan makanan. Selain kripik gedebog pisang, inovasi yang juga dilakukan oleh UMKM Di Kabupaten Jember ialah wedang pokak kemasan instan, yang rencananya akan dilaunching sebagai minuman khas Kabupaten Jember.

Kegiatan Bazar dan Pelatihan Enterpreneurship Coaching bertema 'Membangkitkan Ekonomi Masyarakat Berbasis UMKM Untuk Jatim Bangkit Indonesia Maju' tersebut, merupakan sinergi antara Kodim 0824 Jember bersama dengan Garda Indag Korwil Jember, yang diselenggrakan mulai tanggal 7 hingga 9 Oktober 2021.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain ialah penyelenggaraan bazar produk UMKM. Adapun produk yang ditampilkan di antaranya handycraft, aneka tanaman, makanan dan minuman serta olahan kopi khas Jember.

Di waktu yang sama, diselenggarakan pula pelatihan enterpreneurship coaching yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Pelaksanaannya pun dilakukan selama tiga hari.

Untuk hari pertama, peserta diajarkan mengenai cara pembuatan minuman herbal. Lalu pada hari kedua, peserta diajarkan membuat barang kerajinan tangan dan di hari ketiga peserta diberikan pelatihan mengolah makanan sehat.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, juga diselenggarakan program vaksinasi yang diinisiasi oleh Yonarmed 8/105 Jember. Di mana kegiatan vaksin tersebut disediakan sebanyak 750 dosis vaksin AstraZeneca bagi masyarakat di Kabupaten Jember.

Selain itu, disediakan pula sebuah stand 'Klinik IKM dan UKM' yang merupakan hasil kerja sama antara UPT Perlindungan Konsumen dengan Disperindag Kabupaten Jember. Stan ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk berkonsultasi mengenai produk binaannya, utamanya mengenai fasilitas produk halal dan pendampingan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved