Breaking News:

Berita Situbondo

Atlet Anggar Situbondo Sumbang Perunggu untuk Jatim di PON XX, Punya Kans Rebut Emas di Degen Beregu

Sigy masih punya kesempatan dan harapan meraih medali emas pada pertandingan di nomor Degen (Epee) beregu, Jumat (8/10/2021).

Penulis: Izi Hartono | Editor: Deddy Humana
surya/izi hartono
Atlet anggar Situbondo, Sigy Kanadela (kanan) menunjukkan medali perunggu untuk Jatim pada PON XX Papua 2021. 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Sigy Kanadela, seorang atlet asal Situbondo, Jawa Timur, yang berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, berhasil meraih prestasi gemilang. Atlet anggar berusia 22 tahun ini, berhasil meraih medali perunggu untuk kontingan Jawa Timur.

Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Nusa Aldera mengatakan, Sigy bertemu dengan atlet anggar dari Jabar, Anggi Wiliansyah di babak perempatfinal namun kalah tipis 14:15.

Dalam duel yang berlangsung di venue Kompleks Gereja ST Yoseph Merauke, Provinsi Papua itu, Sigy pun meraih medali perunggu, dan menambah perolehan medali untuk kontingen Jatim.

"Sebenarnya kalau menurut rangking pada babak penyisihan, Sigy unggul dibanding lawannya pada perempat final Anggi Wiliansah. Tetapi kami tetap bangga atlet anggar Situbondo menyumbang medali perunggu," kata Nusa Aldera, Rabu (6/10/2021).

Selama menyaksikan pertandingan Sigy melawan Anggi dalam siaran langsung di aplikasi IG/youtube, Aldera menilai Anggi lebih bermain hati-hati dan menunggu kesalahan Sigy.

Meski demikian, lanjut Aldera, Sigy masih punya kesempatan dan harapan meraih medali emas pada pertandingan di nomor Degen (Epee) beregu, yang dijadwalkan akan digelar, Jumat (8/10/2021).

"Karena nomor Degen beregu Jatim cukup tangguh. Saya optimistis di nomor Degen beregu Jatim (Sigy) bisa meraih medali emas. Karena saat pra-PON pun bisa meraih medali emas," kata Aldera.

Menurutnya, Sigy merupakan putra dari pasangan Sukono dan Elfiyatin. Sigy juga punya banyak koleksi medali emas, perak dan perunggu dari berbagai kejuaraan.

"Berbagai kejuaraan pernah diikuti Sigy, mulai porprov sebelumnya, Pekan Olahraga Mahasiswa, pertandingan mahasiswa se-Asia Tenggara dan kejuaraan nasional lainnya," kata mantan atlet anggar itu.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Sadi mengapresiasi atas prestasi atlet anggar yang menyumbang medali perunggu, dan menjadi kebanggaan Pemprov Jatim dan Pemkab Situbondo.

"Prestasi yang diraih Sigy Kanadela ini membuat harum daerah kita dan menjadi kebanggaan masyarakat Situbondo," puji Sadi.

Sebelumnya, kata Sadi, pada babak delapan besar Sigy berhasil menekuk lawannya Muhammad Ridho Abdullah, asal Kalimantan Barat. "Pada pertandingan selanjutnya di perempatfinal, Sigy bertemu dengan Anggi Wiliansyah, atlet asal Jawa Barat, dan kalah dengan skor 14:15.," pungkasnya. ****

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved