Breaking News:

Berita Bojonegoro

Pakde Karwo Siap Bawa Permintaan MPSI untuk Tidak Ada Kenaikan Cukai Tembakau pada 2022 ke Presiden

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) H Soekarwo siap membawa keluhan Mitra Produksi Sigaret Indonesia (MPSI) kepada Presiden.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
surya.co.id/sri handi lestari
Anggota Watimpres Soekarwo alias Pakde Karwo (kiri) berdialog dengan seorang pekerja SKT di Koperasi Kareb MPS Kapas, Bojonegoro, Rabu (6/10/2021). 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) H Soekarwo siap membawa keluhan Mitra Produksi Sigaret Indonesia (MPSI) kepada Presiden agar tidak ada kenaikan cukai tembakau pada 2022.

Hal ini menyangkut keberlangsungan industri ini dengan jumlah tenaga kerja besar agar bisa tetap terjaga.

"Mengingat 75 persen biaya hidup rumah tangga ini yang membiayai adalah para perempuan atau istri yang bekerja di MPS," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, saat menghadiri peringatan ulang tahun ke-45 Koperasi Kareb MPS Kapas di Bojonegoro, Rabu (6/10/2021).

Diakui Pakdhe, SKT merupakan industri padat karya yang banyak menyerap tenaga kerja dan memberi kontribusi besar pada ekonomi masyarakat.

Seusai ceremonial peringatan ulang tahun Koperasi Kareb, Pakde sempat menemui para pekerja linting di MPS Kapas.

Dalam dialognya, Pakdhe yang didampingi Direktur Utama Koperasi Kareb MPS Kapas, Sriyadi Purnomo, terungkap bahwa para pekerja ini bisa sejahtera dari pekerjaan melinting rokok sigaret tangan.

"Saya siap untuk melaporkan dan memberikan pertimbangan kepada Presiden dengan kondisi yang ada di lapangan bahwa kenaikan cukai tembakau bisa terdampak ke para pekerja SKT.

Mereka perlu diselamatkan. Tidak hanya SKT-nya, tapi para pekerjanya ini," tegas mantan gubernur Jatim dua periode tersebut.

Pakdhe memastikan, dirinya akan memberi masukan untuk tidak ada kenaikan cukai pada 2022, mengingat kondisi pascapandemi covid-19 saat ini juga belum bisa memulihkan ekonomi.

"Pengangguran masih meningkat. Kalau ditambah lagi cukai naik akan berdampak PHK dan bisa meningkatkan angka kriminalitas. Pak Kapolres bisa pusing ini," lanjut Pakdhe.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved