Breaking News:

Lifestyle

Pelatihan Dokter Cilik : Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dengan Susu

Menumbuhkan kesadaran akan informasi tentang penyakit jantung merupakan salah satu tindak pencegahan penyakit jantung sejak dini. 

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Parmin
surya.co.id/sulvi sofiana
Pelatihan Dokter Cilik 2021 yang diikuti 60 peserta secara daring, Sabtu (2/10/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menumbuhkan kesadaran akan informasi tentang penyakit jantung merupakan salah satu tindak pencegahan penyakit jantung sejak dini. 

Sehingga pelatihan Dokter Cilik 2021 yang diikuti 60 peserta Sekolah Dasar dari Surabaya, Malang, Gresik, dan Sidoarjo beserta orang tua dan guru pendamping akan membahas berbagai pengetahuan mengenai jenis penyakit jantung.

Dokter Zaufy Verlieza hadir sebagai pembicara menjelaskan tentang bagaimana cara mengenali gejala dan mendeteksi penyakit jantung sekaligus cara pencegahannya, dan faktor yang mempengaruhi penyakit jantung. 

"Produk dari susu ini cukup banyak, mulai dari keju, susu, yogurt, es krim dan mentega,"ujarnya membuka materi secara daring, Sabtu (2/10/2021).

Sementara jantung sendiri merupakan Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia dan mempunyai ukuran sebesar kapalan tangan. Jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

" Jantung ini terletak di dada sebelah kiri. Dan jantung normal memiliki denyut kuat, iramanyabteratur 60-100x permenit kurang dari itu bisa dianggap ada kelainan. Dan terakhir jantung normal tidak ada mur mur atau bising jantung,"urainya.

Kemudian ia juga menjelaskan beberapa jenis penyakit jantung. Mulai dari jantung koroner, kelainan katup, aritmia, kardiomyopati, pericarditis hingga gagal jantung.

Sementara resiko penyakit jantung dipengaruhi dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, merokok dan stres.

"Menjaga pola hidup sehat penting untuk mencegah potensi penyakit jantung,"ujarnya.

Sejak dini, anak-anak harus dibiasakan pola hidup sehat dengan minum air putih yang cukup, makan masakan rumah sehingga bisa mengatur pemakaian gula dan garam dan banyak aktivitas olahraga dbandingkan bermain gadget 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved