Breaking News:

Berita Jember

Jadi Persoalan Krusial, Kabupaten Jember Baru Godok Raperda Pengelolaan Sampah

Kabupaten Jember menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Jawa Timur yang masih belum memiliki Perda Pengelolaan Sampah.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Pakusari, Jember. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengelolaan Sampah termasuk, satu dari lima Raperda yang pekan ini akan dibahas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dan DPRD Jember untuk menjadi Perda. Raperda ini termasuk aturan hukum yang penting dan dibutuhkan oleh Kabupaten Jember.

Salah satu alasan pentingnya adalah, Kabupaten Jember menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Jawa Timur yang masih belum memiliki Perda Pengelolaan Sampah. Karena hal ini pula, Jember menjadi sorotan.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengakui Jember memang masih belum punya Perda Pengelolaan Sampah.

"Karenanya ini menjadi prioritas juga, dan harus segera selesai, supaya Jember punya Perda Pengelolaan Sampah," ujar Hendy, Sabtu (2/10/2021).

Payung hukum berupa Perda itu nantinya juga bakal mengatur pengelolaan sampah mulai hulur hingga hilir.

Hendy menyebut, sampah menjadi persoalan krusial di Jember. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Jember, Kabupaten Jember menghasilkan sampah rata-rata sebesar 803,55 meter kubik per hari.

Sampah yang dihasilkan tidak semuanya masuk ke Tempat Pembuangan AKhir (TPA), namun ada yang dibuang ke lingkungan sekitar, sungai juga dikelola sendiri.

Saat ini, Kabupaten Jember memiliki lima TPA yakni Pakusari, Tanggul, Kencong, Balung dan Ambulu.

"Jika nantinya memiliki Perda, maka ada aspek kebijakan. Kami harapkan juga, sampah nantinya dikelola mulai dari tingkat hulu, seperti dari tingkat rumah tangga," tegas Hendy.

Tujuh fraksi di DPRD Jember menyepakati hadirnya Perda Pengelolaan Sampah. Mereka bersepakat membahas Raperda itu untuk segera bisa disahkan menjadi Perda.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved