Berita Kampus Surabaya

Tim Pengmas ITTelkom Surabaya Bantu Pemasaran Digital UMKM Banyuwangi, Luncurkan Website Ice Tube

UMKM Kening Ice Tube di Dusun Kedungbaru, Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, kini melakukan pemasaran secara online.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto: ittelkom surabaya
Tim Pengabdian Masyarakat ITTelkom Surabaya memberikan pelatihan keterampilan teknologi berupa pelatihan dalam Digital Marketing secara online. 

SURYA.co.id | SURABAYA - UMKM Kening Ice Tube di Dusun Kedungbaru, Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari, kini melakukan pemasaran secara online.

Sehingga tidak hanya masyarakat Banyuwangi yang bisa mengenal usaha kening Ice Tube tersebut.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi (IT)Telkom Surabaya, Moh, Hamim Zajuli Al Faroby, mengatakan, pemasaran online  itu berhasil setelah timnya membantu dengan menciptakan website Ice Cube untuk mereka.

"Penciptaan website ini juga dilatarbelakangi permasalahan kesulitan UMKM dalam pemasaran selama pandemi mengalami penurunan cukup drastis, hingga diperlukan pemasaran secara digital," jelasnya, Jumat (1/10/202).

Kehadiran website ini berhasil menambah nilai penjualanya. Tidak hanya pemasaran, dengan website itu bisa memantau distribusi dan harga sesuai tarif.

Hal ini berhasil meningkatkan penjualan UMKM yang sempat akan gulung tikar. Mengingat mereka masih banyak yang melakukan penjualan secara tradisional.

Salah satu UMKM yang bergerak dibidang prosuksi es yakni Kening Ice tube.

Dalam menjalankan usahanya proses distribusi dan pemasaran masih menggunakan teknik manual yakni dengan mengunjungi setiap outlet yang sekiranya membutuhkan es.

"Dengan melalui website, konsumen bisa datang dan tahu mana yang butuh. Alhamdulillah, dengan adanya pengabdian masyarakat ini kami dapat mengembangakan pemasaran penjualan es kristal dengan mudah," ungkap Aufa pemilik UMKM Kening Ice Tube.

Aufa berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Di dalam kesempatan itu, Tim Pengabdian Masyarakat juga memberikan pelatihan keterampilan teknologi berupa pelatihan dalam Digital Marketing.

Pelatihan ini dilakukan secara online menggunakan aplikasi zoom, mengingat kondisi masih dalam keadaan ppkm, jadi tim pengabdian masyarakat tidak bisa mengadakan secara offline atau tatap muka.

“Dengan adanya pelatihan ketrampilan tersebut, tim pengabdian masyarakat berharap, dengan website tersebut pendistribusian dikonsep dengan baik dan pemasaran serta permintaan mengenai es tube akan meningkat," tandas Hanim.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved