Breaking News:

Update BLT BPJS Ketenagakerjaan

Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Ditambah 8 Juta Pekerja, Kemnaker Akan Turunkan Dana Rp 1,74 T

Info terbaru soal BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah, ada penambahan penerima subsidi hingga 8 juta pekerja dengan besaran dana sebesar Rp 1,74 triliun.

kompas.com/Nurwaidah
Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Ditambah 8 Juta Pekerja, Kemnaker Akan Turunkan Dana Rp 1,74 T 

SURYA.CO.ID - Info terbaru soal BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah, adanya penambahan penerima subsidi hingga 8 juta pekerja dengan besaran dana sebesar Rp 1,74 triliun.

Info ini diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri, Selasa (28/9/2021).

Diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengusulkan agar penyaluran bantuan subsidi upah atau BSU dapat diperluas ke daerah lain yang tidak menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 dan 4.

Baca juga: Update Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Ditambah dan Tahap 4 Cair Khusus Pengguna BCA-Bank Swasta

Ada sisa anggaran senilai Rp 1,79 triliun yang dapat dimanfaatkan untuk mendistribusikan subsidi gaji ke pekerja di wilayah-wilayah tersebut.

Menurut Indah, usulan ini sudah disampaikan ke Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam rapat daring pada Senin (27/9/2021), dan tinggal menunggu keputusan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

”Kalau Pak Menko mengizinkan, bantuan subsidi upah akan diberikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan estimasi jumlah penerima 8.605.776 orang, dan akan didata pekerja yang terdampak pandemi dan memang sesuai dengan kriteria di Permenaker,” kata Indah dalam rapat kerja dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, melansir dari Kompas.id

Ada tiga opsi perluasan cakupan wilayah bantuan subsidi upah yang diusulkan.

Pertama, perluasan cakupan wilayah secara nasional dan menyeluruh hingga ke 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota kepada 8.605.7766 pekerja di wilayah tersebut.

Kedua, perluasan ke 34 provinsi dan 448 kabupaten/kota dengan jumlah penerima 8.473.647 orang.

Ketiga, penyaluran tetap mengacu pada cakupan wilayah yang berlaku saat ini, yaitu 28 provinsi dan 158 kabupaten/kota dan jumlah penerima 6.991.873 orang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved