Breaking News:

Berita Jember

Komoditas Melimpah dan Kaya Rasa, Kopi Robusta Jember Dideklarasikan Yang Terbaik di Indonesia

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Hendy, saat ini luas lahan Kopi Robusta di Jember mencapai 18.000 hektare

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
Komoditas Melimpah dan Kaya Rasa, Kopi Robusta Jember Dideklarasikan Yang Terbaik di Indonesia - petani-kopi-di-jember-sedang-menjemur-panenannya.jpg
surya/sri wahyunik
Petani kopi di Kecamatan Mayang menjemur kopi robusta Jember
Komoditas Melimpah dan Kaya Rasa, Kopi Robusta Jember Dideklarasikan Yang Terbaik di Indonesia - kopi-robusta-jember-terbaik-di-indonesia.jpg
surya/sri wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama sejumlah pejabat di Pemkab Jember dan masyarakat perkopian mendeklarasikan Jember sebagai Pusat Kopi Robusta Terbaik, Jumat (1/10/2021)

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mendeklarasikan Kabupaten Jember sebagai 'Pusat Kopi Robusta Terbaik Indonesia' di Bandara Notohadinegoro, Jember, Jumat (1/10/2021) malam. Peluncuran tersebut berbarengan dengan peringatan Hari Kopi Sedunia yang jatuh setiap 1 Oktober.

Deklarasi tersebut diikuti oleh sejumlah pihak, seperti Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, OPD terkait, juga pengusaha kopi, serta lembaga yang bergerak di sektor perkebunan kopi.

Dalam pidatonya, Bupati Jember Hendy Siswanto menegaskan, komoditas kopi memiliki sejarah panjang di Kabupaten Jember. Secara historis, kopi sudah dibudidayakan sejak sekitar 300 tahun lalu di Jember.

"Kopi jenis Robusta yang banyak ditanam di Jember, dengan luasan lahan saat ini mencapai 18.000 hektare. Dan potensi lahan budidaya kopi Robusta ini bisa lebih luas lagi," ujar Bupati Hendy.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Hendy, saat ini luas lahan Kopi Robusta di Jember mencapai 18.000 hektare, dengan produksi lebih dari 11.000 ton per tahun.

Selain tanaman kopi eksisting, Kabupaten Jember juga masih memiliki potensi lahan untuk pengembangan budidaya Kopi Robusta sampai 32.000 hektare. "Itu tersebar di seluruh kecamatan di Jember," lanjutnya.

Komoditas kopi, lanjut Hendy, memiliki multiplier effect ekonomi ke warga Jember, mulai dari tingkat hulu (on-farm) sampai hilir (off-farm). Budidaya Kopi Robusta Jember dipengaruhi oleh alam Jember yang dikelilingi oleh Pegunungan Argopuro, Raung, juga Gumitir, sampai Huta Meru Betiri.

Karena memiliki potensi luar biasa itulah, Bupati Hendy bersama masyarakat perkopian di Jember, dan lembaga berkaitan dengan kopi sektor hulu dan hilirnya, mendeklarasikan Jember sebagai Pusat Kopi Robusta Terbaik.

"Kami ingin menyatukan visi dan langkah, serta bersinergi memajukan sektor perkebunan kopi ini. Adanya penguatan produk mulai dari hulu sampai hilir," tegasnya.

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember memiliki lahan perkebunan Kopi Robusta. Sentra produksi kopi di Jember berada di kawasan yang berada di kaki pegunungan, perbukitan, juga hutan.

Sebut saja Kecamatan Sumberbaru, Tanggul, Bangsalsari, Sukorambi, Rambipuji, Panti, Patrang, Arjasa, Jelbuk, Sumberjambe, Sukowono, Ledokombo, Silo, Mayang, Mumbulsari, juga Tempurejo.

Kecamatan yang SURYA tulis ini berderet dari sisi Barat Jember yang berada di lereng Gunung Argopuro, mulai dari Sumberbaru hingga Jelbuk. Kemudian kecamatan di lereng Gunung Raung mulai dari Sumberjambe sampai Silo.

Kecamatan Silo sampai Tempurejo berada di lereng perbukitan Gumitir, Mandilis, sampai ke kawasan Meru Betiri di Kecamatan Tempurejo. Kecamatan tersebut semuanya dikenal memiliki kopi dengan cita rasa unik yang berbeda meskipun sama-sama jenis Robusta. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved