Breaking News:

Mendag Lutfi Datangkan Ribuan Kontainer Guna Perlancar Ekspor yang Tertunda

Kelangkaan dari peti kemas ini menjadi masalah yang serius di kala Indonesia kebanjiran order dengan datangnya order-order.

Editor: Rudy Hartono
kontan.co.id
Aktivitas bongkar muat kontainer di pelabuhan tujuan ekspor 

SURYA.co.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Kadin Indonesia dan stakeholder terkait lainnya telah mengadakan pertemuan untuk menjembatani dan memfasilitasi agar masalah – masalah kelangkaan kontainer ekspor bisa ditangani.

“Kelangkaan dari peti kemas ini menjadi masalah yang serius di kala Indonesia kebanjiran order dengan datangnya order-order (dari luar negeri),” ujar Lutfi dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/9/2021).

Mendag mengatakan, kelangkaan kontainer tidak hanya terjadi di Indonesia. Akan tetapi juga di negara lainnya. Sebab itu pemenuhan kontainer mesti menjadi perhatian bersama untuk memperlancar ekspor industri.

Lutfi menyebut sudah mendapatkan komitmen baru bahwa akan ada supply kontainer. Di antaranya kontainer untuk industri furniture sebanyak sebanyak 800 kontainer sampai 1.000 per bulan, menuju New York, Los Angeles, Savannah, Baltimore dan Florida untuk industri furnitur.

Kemudian, telah ada komitmen kebutuhan kontainer untuk industri makanan – minuman sebanyak 3.500 kontainer sampai 3.800 per bulan ke berbagai tujuan ekspor. Seperti ke ASEAN, China, Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, India, Pakistan, Rusia, Eropa, negara-negara Afrika, Amerika Utara, dan Timur Tengah.

Mendag juga menyatakan, fasilitasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh sektor industri lainnya karena order untuk industri lain juga teridentifikasi mulai meningkat. “Ini untuk memenuhi daripada kelangkaan kontainer yang ada selama ini,” ucap Lutfi .

Lutfi  menuturkan, produk – produk seperti garmen, alas kaki, elektronika, dan produk kayu termasuk furniture saat ini mendapat order sangat tinggi dari Amerika Serikat. Ia bilang, dengan adanya fasilitasi yang telah dilakukan akan dapat memenuhi kebutuhan kelangkaan kontainer ekspor tersebut.

“Asal kontainer nya dari mancanegara, kita kerjakan sebenarnya mempertemukan orang yang datang membawa kontainer dan orang yang memerlukan kontainer untuk membawa barangnya pergi (ekspor),” ucap Lutfi .

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul : Mendag Lutfi beberkan upaya pemerintah mengatasi kelangkaan kontainer

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved