Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Datang ke Grahadi, Wapres Gelar Rakor Penanganan Kemiskinan Ekstrem untuk Lima Kabupaten di Jatim

Di Jawa Timur ada lima kabupaten tersebut yang termasuk prioritas untuk penanganan kemiskinan ekstrem pemerintah pusat.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Humas Pemprov Jatim
Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin menggelar rakor percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem untuk lima kabupaten di Provinsi Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (30/9/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wakil Presiden RI KH Maruf Amin menggelar rakor percepatan penanganan kemiskinan ekstrem untuk lima kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Kamis (30/9/2021).

Berlangsung di Gedung Negara Grahadi, rakor yang dipimpin khusus Wapres Maruf Amin tersebut turut dihadiri oleh forkopimda Jatim, dan juga lima bupati. Yaitu Bupati Bangkalan, Sumenep, Probolinggo, Bojonegoro, dan Lamongan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di Jatim ada lima kabupaten tersebut yang termasuk prioritas untuk penanganan kemiskinan ekstrem pemerintah pusat.

“Hari ini saya berkunjung ke Jawa Timur bertemu dengan ibu gubernur dan lima bupati dalam rangka kegiatan pengentasan kemiskinan ekstrem,” kata Wapres RI KH Maruf Amin, saat konferensi pers.

Dikatakan Wapres, bahwa secara nasional, ada tujuh provinsi yang dilaksanakan program pengentasan kemiskinan ekstrem. Selain Jatim juga ada Jawa Tengah, Jawa Barat. Di luar Jawa ada NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat.

“Sesuai target kita tahun 2021 kita akan menghilangkan 2 juta dari pada kemiskinan ekstrem di 7 provinsi, satu provinsi ada 5 kabupaten yang menjadi prioritas target,” ucap Wapres.

Nantinya, setiap kabupaten di Jatim akan membrickdown lima kecamatan dengan masing-masing kecamatan dipilih lagi lima desa yang nantinya dijadikan prioritas penanganan program pengentasan kemiskinan ekstrem.

“Target kita sampai 2024, kemiskinan ekstrem yang sebelumnya mencapai 10 juta lebih itu bisa kita tuntaskan sampai 0 persen,” tegasnya.

Lebih lanjut Wapres Maruf Amin itu menegaskan bahwa dari pertemuan ini, pihaknya telah mendapatkan gambaran. Khususnya terkait perencanaan pengambilan langkah strategis untuk realisasi program di setiap kabupaten di Jatim.

Dari pertemuan ini juga telah dirumuskan intervensi apa yang dilakukan oleh pemerintah, baik oleh kabupaten dengan menggunakan APBD daerah dan juga provinsi maupun yang menggunakan bantuan dati pusat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved