Breaking News:

Vaksinasi di Sidoarjo

Capaian Vaksinasi Dosis Pertama di Sidoarjo: Kurang 13 Persen Masuk PPKM Level 1

Cakupan vaksinasi covid-19 di Sidoarjo baru di angka 57 persen untuk vaksin tahap pertama.

Penulis: M Taufik | Editor: Parmin
surya.co.id/m taufik
Ribuan warga binaan Lapas Kelas IIA Sidoarjo saat menjalani vaksinasi, Rabu (29/9/2021). Capaian vaksinasi dosis pertama di Sidoarjo telah 57 persen, sehingga kurang 13 persen lagi masuk PPKM level 1. 

SURYA.co.id | SIDOARJO – Cakupan vaksinasi covid-19 di Sidoarjo baru di angka 57 persen untuk vaksin tahap pertama.

Artinya, masih kurang 13 persen lagi untuk mencapai angka 70 persen vaksinasi agar Sidoarjo bisa masuk ke level 1 PKKM.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor memperkirakan, dalam 10 hari ke depan target 70 persen vaksinasi untuk Kabupaten Sidoarjo itu sudah terpenuhi.

“Ketika kita terus konsisten seperti ini, getol menggelar vaksinasi di semua lini, saya yakin 10 hari ke depan sudah 70 persen,” kata Muhdlor di sela meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kelenteng Tjong Hok Kiong Sidoarjo, Rabu (29/9/2021).

Menurut Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor, trend positif vaksinasi ini berkat kerjasama semua pihak. Semua stake holder bergerak bersama pemerintah mempercepat proses vaksinasi untuk semua lapisan masyarakat.

“Dengan kerjasama yang baik itulah, percepatan vaksinasi bisa semakin efektif. Dan ini harus terus dijaga,” lanjut putra KH Agoes Masyhuri tersebut.

Secara keseluruhan, di Sidoarjo sudah sekitar 1,4 juta dosis vaksin tahap pertama dan kedua yang disuntikan kepada masyarakat. Hal tersebut menurutnya memberikan harapan bahwa level 1 dapat segera tercapai di wilayah aglomerasi Surabaya Raya yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

"Ketika aglomerasi Surabaya Raya sudah level 1, maka akan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi. Berbagai kegiatan sudah bisa dilakukan dengan syarat protokol kesehatan wajib diterapkan. Ini yang sedang kita kejar," sebutnya.

Di sisi lain, Polresta Sidoarjo juga terus keliling ke berbagai titik melakukan vaksinasi. Yang terbaru, Polres bersama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A melakukan vaksinasi untuk 1.156 warga binaan di Lapas Kelas II A Sidoarjo.

Vaksinasi di lapas ini berjalan dua hari, mulai Rabu. Semua prosesnya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Semau warga binaan juga akan kembali ke masyarakat, jadi mereka juga berhak mendapatkan suntikan vaksinasi sebagai upaya membentuk herd immunity di tengah pandemi covid-19 ini. Makanya, kami vasilitasi mereka agar bisa mendapatkan vaksin,” kata Kalapas Kelas II A Sidoarjo, Teguh Pamuji menjelaskan.

Diungkapkan bahwa awalnya pihak lapas mendapatkan alokasi dosis vaksin dari Dinas Kesehatan Sidoarjo.

Tapi karena tidak mencukupi untuk semua warga binaan, pihaknya kemudian berkolaborasi penyediaan dosis vaksin bersama Polresta Sidoarjo.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved