Breaking News:

Berita Banyuwangi

Bank Indonesia Gelar Pelatihan Inkubasi Desain Model dan Produksi Baju Siap Pakai di Banyuwangi

Pelatihan yang digelar di SMK Sri Tanjung Banyuwangi itu, dilaksanakan mulai 29 September hingga 11 Oktober mendatang.

Penulis: Haorrahman | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Banyuwangi
Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember menggelar pelatihan Inkubasi Desain Model dan Produksi Baju Siap Pakai, di Banyuwangi. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Mendorong pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya saing UMKM konveksi, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember menggelar pelatihan Inkubasi Desain Model dan Produksi Baju Siap Pakai, di Banyuwangi.

Pelatihan yang digelar di SMK Sri Tanjung Banyuwangi itu, dilaksanakan mulai 29 September hingga 11 Oktober mendatang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember, Hestu Wibowo, mengatakan lebih dari 97,8 persen pelaku ekonomi di Indonesia adalah Umkm.

"UMKM menyerap tenaga kerja yang cukup besar sekitar 70 persen. Pelatihan ini untuk mendorong UMKM agar bisa bersaing tinggi dan pemulihan eknomi akibat pandemi," kata Hestu, saat membuka pelatihan, Rabu (29/9/2021).

Hestu menambahkan pelatihan ini juga untuk mendukung program gerakan nasional bangga produk Indonesia dan bangga Berwisata di Indonesia.

Pelatihan inkubasi ini menurut Hestu juga untuk mendorong para pelaku UMKM konveksi untuk memperkuat suistanable dan halal fashion, yang saat ini telah menjadi tren global fashion.

Baca juga: Tim Dosen Unesa Support UMKM Bakpia di Kabupaten Magetan

"Pemintaan pasar domestik saja sudah sangat besar. Banyuwangi memiliki potensi dan ikon lokal yang luar biasa di bidang fashion, sehingga bisa lebih digali lagi," jelas Hestu.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 20 desainer dan 20 penjahit yang nantinya akan dikolaborasikan, untuk membuat sebuah produk.

Mereka berasal dari kelompok pembatik Sekar Jagat Banyuwangi dan komunitas desainer Banyuwangi.

BI juga mendatangkan desainer ternama yang telah malang melintang dalam fashion nusantara, Wignyo Rahadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved