Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Kirim 5 Unit Oksigen Konsentrator untuk Atlet Jatim yang Berlaga di PON Papua

Gubernur Khofifah bakal mengirimkan lima unit oksigen konsentrator untuk para atlet Jatim yang tengah berlaga di PON XX Papua.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima bantuan oksigen konsentrator dari Asosiasi Rafinasi Indonesia (AGRI) sebanyak 150 unit oksigen konsentrartor pada Pemprov Jatim, Selasa (28/9/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bakal mengirimkan lima unit oksigen konsentrator untuk para atlet Jatim yang tengah berlaga di PON XX Papua.

Bantuan oksigen untuk atlet yang akan dikirimkan tersebut merupakan bantuan dari Asosiasi Rafinasi Indonesia (AGRI). Pasalnya AGRI baru saja menyerahkan bantuan sebanyak 150 unit oksigen konsentrator pada Pemprov Jatim, Selasa (28/9/2021).

Dengan rincian masing-masing oksigen konsentrator tersebut berkapasitas 10 liter. Yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk 2 orang per unit oksigen konsentratornya.

“Kami tentu menyampaikan terima kasih pada AGRI dan juga Kementerian Perindustrian RI. Kami akan semaksimal mungkin dalam pendistribusiannya, dan khusus lima unit kami akan kirim untuk kesiap-siagaan tim PON XX Jatim di Papua. Tambahan untuk saat ini sudah ada 8 unit kapasitas 1 liter,” tegas Gubernur Khofifah.

Tidak hanya untuk atlet PON Papua, namun Gubernur Khofifah juga menegaskan bahwa distribusi oksigen konsentrator ini juga akan dikhususkan untuk rumah sakit rumah sakit di Jatim, khususnya tipe C.

“Yang memang menjadi penting, terutama bagi daerah daerah yang relatif keterjangkauannya membutuhkan effort tertentu,” katanya.

Misalnya rumah sakit yang ada di daerah daerah kepulauan, maupun daerah daerah dengan wilayah topografi tertentu, misalnya yang sulit terjangkau kendaraan, maka konsetrator oksigen ini dinilainya sangat membantu.

“Jadi oksigen konsetrator ini tetap bisa digunakan tanpa harus refill atau isi ulang. Ini penting, karena dulu kita pernah mengalami kelangkaan oksigen karena memang harus dilakukan refill di sentra sentra pengisian oksigen,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Industri makanan, hasil laut dan perikanan, Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Supriyadi menjelaskan, bantuan 150 unit Oksigen Konsetrator ini adalah partisipasi juga dengan AGRI.

“Yang amanahnya, agar disampaikan kepada Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Supriyadi menjabarkan, sedianya Kementerian Perindustrian mendapat bantuan sebanyak 2400 Oksigen Konsetrator dari sektor industri, salah satunya berasal dari AGRI. Yang kemudian disalurkan ke beberapa Provinsi.

“Mohon ini bisa diterima, karena ini merupakan partisipasi dari industri dalam rangka penanggulangan covid-19 yang diharapkan kondisinya akan semakin membaik,” harapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved