Breaking News:

5 Klarifikasi Kabar Patung Soeharto, Sarwo Edhie dan AH Nasution di Museum Markas Kostrad Dibongkar

Berikut klarifikasi terkait kabar yang menyebut patung Soeharto, Sarwo Edhie Wibowo dan AH Nasution di Museum Dharma Bhakti Markas Kostrad dibongkar.

kostrad.mil.id
Prajurit Cakra IV Saat Berkunjung ke Museum Dharma Bhakti Kostrad. 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Berikut sejumlah klarifikasi terkait kabar yang menyebutkan patung Soeharto, Sarwo Edhie Wibowo dan AH Nasution di Museum Dharma Bhakti Markas Kostrad dibongkar.

Klarifikasi resmi dari pihak Penerangan Kostrad ini dirilis untuk menindaklanjuti pemberitaan dalam diskusi bertajuk “TNI Vs PKI” yang digelar Minggu malam (26/9/2021).

Dalam diskusi yang digelar secara daring itu, diputar sebuah klip video pendek yang memperlihatkan Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

Di dalam museum itu tadinya terdapat diorama yang menggambarkan suasana di pagi hari, 1 Oktober 1965, beberapa jam setelah enam Jenderal dan seorang Perwira muda TNI AD diculik PKI.

Adegan tersebut tampak Mayjen Soeharto menerima laporan dari Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) Kolonel Sarwo Edhie Wibowo.

Baca juga: Pengalaman Pangkostrad Letjen TNI Dudung Ajarkan Anak Buahnya Berbagi di Tengah Konflik GAM Aceh

Sementara Menteri/Panglima TNI Angkatan Darat Jenderal AH Nasution, yang selamat dari upaya penculikan PKI, duduk tidak jauh dari Soeharto dan Sarwo Edhie.

Kemudian tampak patung Soeharto, Sarwo Edhie, dan AH Nasution yang menggambarkan saat kritis (setelah penculikan enam Jenderal TNI AD) dan rencana menyelamatkan negara dari pengkhianatan PKI, sekaligus peran utama Panglima Angkatan Darat, Pangkostrad, dan Resimen Parako yang kini menjadi Kopassus.

Dalam diskusi bertajuk “TNI Vs PKI”, disebutkan bahwa ketiga patung tokoh militer tersebut telah hilang dibongkar.

Pihak penerangan Kostrad memberikan sejumlah klarifikasi terkait info dibongkarnya patung tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved