Breaking News:

Berita Gresik

Dinas Pariwisata Gresik Ajak Warga Lestarikan Petilasan Sunan Kalijaga

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik melestarikan petilasan (tempat singgah ) Sunan Kalijaga, di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng.

Penulis: Sugiyono | Editor: irwan sy
Dinas Pariwisata Gresik
Tim Dinas Pariwisata Gresik berfoto bersama di atas keindahan pariwisata alam Bukit Surowiti di Kecamatan Panceng, Minggu (26/9/2021). 

SURYA.co.id | GRESIK - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik melestarikan petilasan (tempat singgah ) Sunan Kalijaga, di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng.

Diharapkan, potensi alam tersebut bisa menjadi potensi pariwisata religi dan berdampak pada perekonomiam masyarakat, Minggu (26/9/2021). 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik, Sutaji Rudi, mengatakan kunjungan ke potensi wisata alam Desa Surowiti ini untuk memberikan pengarahan kepada pemerintahan desa supaya lebih memperhatikan potensi alam dan pengembangan wisata Desa. 

Selain itu, masyarakat juga dilibatkan untuk melestarikan budaya, tradisi dan melestarikan lingkungan dalam mengembangkan pariwisata.

"Masyarakat bersama -sama atau gotong royong menjaga kelestarian wisata budaya di Bukit Surowiti, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam bukit tertinggi di Gresik," kata Sutaji Rudi. 

Lebih lanjut Sutaji Rudi menambahkan, obyek dan daya tarik wisata di bukit Surowiti di antaranya, terdapat petilasan Sunan Kalijogo, Makam Empu Supa, Gua Langsi, Gua Macan, pemandangan alam tertinggi di Gresik dan Spot panjat tebing. 

Dari potensi alam tersebut, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi covid-19.

Sebab, banyak pengunjung dari luar desa.

"Dengan melestarikan petilasan Sunan Kali Jogo, diharapkan masyarakat mendapat peningkatan ekonomi, sebab banyak masyarakat luar daerah yang berkunjung," imbuhnya. 

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gresik Sri Harini mengatakan, obyek wisata Bukit Surowiti merupakan wisata alam yang mempunyai pesona tersendiri, yaitu ada wisaya religi dan wisata alamnya. 

"Sehingga, situs Bukit Surowiti meraih juara ke dua Anugerah wisata Gresik 2021," kata  Sri Harini. 

Begitu juga disampaikan Ketua Kelompok Desa Sadar Pariwisata (Pokdarwis) Gresik Sekar Arum mengatakan, kegiatan kunjungan ke wisata Desa ini untuk menambah wawasan bagi pemerintah desa dan masyarakatnya, sehingga bisa memajukan potensi wisata desa untuk peningkatan ekonomi kerakyatan. 

"Kegiatan ini bisa menjadi ajang sharing knowledge terkait dunia wisata di Gresik pada khususnya, sehingga bisa mengembangkan potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat," kata Sekar Arum.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved