Breaking News:

Berita Tulungagung

Lengkapi Tilang Elektronik, Perangkat INCAR Bisa Memantau Knalpot Brong di Tulungagung

Untuk pengadaan INCAR ini, Satlantas Polres Tulungagung menunggu hibah dari Pemkab Tulungagung, melalui Dinas Perhubungan

Penulis: David Yohanes | Editor: Deddy Humana
surya/david yohanes
Perangkat ETLE di Simpang Empat Tamanan Tulungagung. 

SURYA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Satlantas Polres Tulungagung berencana mengoperasikan tilang elektronik mobile INCAR (Integrated Node Capture Attitude Record) mulai 2022 nanti. INCAR itu akan melengkapi electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik yang sudah dioperasikan di Simpang Empat Tamanan.

“Prinsipnya INCAR dan ETLE itu sama, artinya penindakan secara elektronik. Hanya INCAR ini sifatnya mobile,” terang Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Muhammad Bayu Agustyan, Jumat (24/9/2021).

Untuk pengadaan INCAR ini, Satlantas Polres Tulungagung menunggu hibah dari Pemkab Tulungagung, melalui Dinas Perhubungan. Saat ini dilaksanakan proses pembahasan sehingga pada tahun 2022 bisa dimasukkan dalam mata anggaran.

Dengan demikian pengadaan barang kemungkinan baru bisa dilaksanakan di tahun 2022. "Rencananya ada satu mobil yang akan dioperasikan dengan dilengkapi dengan alat INCAR ini,” tambah Bayu.

Sebelumnya Satlantas Polres Tulungagung juga mengoperasikan ETLE di Simpang Empat Tamanan sejak 22 Juli 2021. Sejak beroperasinya alat tilang elektronik ini, sudah ada 55 pelanggar yang ditilang.

Mereka mayoritas mobil yang melanggar lampu lalu lintas. “Mayoritas pelanggar adalah roda empat (R4) dari wilayah Tulungagung. Ada juga yang dari luar kota,” ungkap Bayu.

Dari hasil evaluasi ELTE ini, menurut Bayu, perlu ada penambahan perangkat tilang. Sebab perangkat ETLE belum bisa menilang penggunaan kenalpot brong.

Sebab berangkat ETLE tidak dilengkapi dengan perangkat perekam suara. “Pelanggaran tidak mengenakan helm dan seat belt sudah bisa menilang. Tetapi kenalpot brong belum bisa ditilang,” tegasnya.

Selain itu Satlantas Polres Tulungagung mengusulkan penambahan ETLE di sejumlah persimpangan jalan. Di antaranya ada di Simpang Empat RSU Lama dan di Simpang Empat Prayit. Dua titik itu berada di jalur utama Tulungagung-Kediri yang dilewati kendaraan penumpang maupun barang. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved