Breaking News:

Lifestyle

BI akan Jembatani Pemenang MOTION dengan Desainer Senior dan UKM Binaan agar Bisa Belajar

Setelah menjalani proses penilaian oleh delapan dewan juri, event Moslem Streetwear Design Competition (MOTION) telah memilih 10 besar.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
surya.co.id/sri handi lestari
Dari kiri: Herman, Depok, Jawa Barat; Yusmilia, Jakarta, DKI Jakarta; dan Wulan Widyastuti, Semarang, Jawa Tengah tiga dari 10 finalis MOTION 2021. 

SURYA.co.id |SURABAYA - Setelah menjalani proses penilaian oleh delapan dewan juri, event Moslem Streetwear Design Competition (MOTION) telah memilih 10 besar.

Event ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2021, 

Dari 10 besar ini, sedang proses penilaian untuk memilih lima pemenang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (BI KPw Jatim), Budi Hananto, mengatakan, dari kegiatan MOTION ini, pihaknya melihat talenta-talenta yang cukup bagus dari kalangan desainer muda yang menjadi peserta.

"Karyanya cukup bagus, dengan memanfaatkan beberapa jenis dan motif dari kain khas. Seperti tenun, batik dan lainnya," kata Budi, Jumat (24/9/2021).

Untuk selanjutnya, BI mendorong para peserta yang lolos menjadi pemenang ini bisa berkembang atau mengembangkan karyanya hingga bisa masuk ke pasar retail bahkan ekspor.

"Untuk itu, kami memberikan dukungan untuk mereka dengan menjadi jembatan, agar mereka bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak," jelas Budi.

Di antaranya dengan desainer yang lebih senior atau yang sudah punya pasar untuk bisa mendapatkan edukasi lagi dan potensi dasar yang mereka miliki bisa berkembang.

Kemudian juga berkolaborasi dengan UKM (Usaha Kecil Menengah) binaan BI, untuk penyediaan bahan bakunya, seperti pengrajin batik, pengrajin tenun dan lainnya.

Fashion saat ini menjadi salah satu dari empat target komoditas yang disiapkan BI dalam FESyar 2021 wilayah Jawa ini. Yaitu Food, Fashion, Wisata dan Pembiayaan Syariah.

Khusus untuk Fashion, MOTION merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan bisa menarik minat para talenta muda dalam mendesain busana muslim.

Mengingat saat ini, pasar fashion muslim dunia dengan sangat berkembang.

"Dan Indonesia sebagai negara dengan warga muslimnya yang besar, jangan hanya jadi pasar tapi juga bisa menjadi produsen," jelas Budi.

Sementara itu, Jumat (24/9/2021), telah diumumkan secara virtual para peserta yang lolos di babak 10 besar.

Para finalis yang lolos adalah :
1. Primas Gigih Prihanta, Gresik, Jawa Timur.
2. Rizki Ramadityo, Sidoarjo, Jawa Timur
3. Pebrika Sinta, Rembang, Jawa Tengah,
4. Yusmilia, Jakarta, DKI Jakarta,
5. Cahya Budi Saptono, Surabaya, Jawa Timur.
6. Siswati, Purbalingga, Jawa Tengah.
7. Herman, Depok, Jawa Barat.
8. Aldri Indrayana, Sidoarjo, Jawa Timur.
9. Chelia Zagita Wijaya, Surabaya, Jawa Timur.
10. Wulan Widyastuti, Semarang, Jawa Tengah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved