Breaking News:

Berita Lumajang

Ratusan Tunawisma di Lumajang Divaksinasi Covid-19

Kini Forkopimda Kabupaten Lumajang langsung kembali menggencarkan program penyuntikan vaksin Covid-19.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Tony Hermawan
Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Gedung Sudjono, Trenggalek, Kamis (23/9/2021). 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Usai mendapat evaluasi terkait rendahnya capaian vaksinasi Covid-19, kini Forkopimda Kabupaten Lumajang langsung kembali menggencarkan program penyuntikan vaksin.

Melalui Satlantas Polres Lumajang, program percepatan vaksinasi Covid-19 digelar di Gedung Sudjono, Kamis (23/9/2021) pagi. Kegiatan vaksinasi tersebut diikuti sebanyak 111 orang. Mereka rata-rata para tunawisma atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Kali ini, jenis vaksin yang disuntikan adalah Sinovac. Dalam pelaksanaannya, proses vaksinasi tersebut dibagi menjadi 4 tahap. Pertama, masyarakat mengisi form pendaftaran, sekaligus wawancara skrining riwayat kesehatan. Jika lolos, proses selanjutnya adalah penyuntikan vaksin.

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, vaksinasi Covid-19 massal itu digelar sekaligus untuk memperingati HUT Polantas ke-66.

Menurut Kapolres Lumajang, pihaknya sengaja menyasar para PMKS, sebab termasuk menjadi bagian penting dalam upaya mengendalikan penyebaran virus Covid-19. Para PMKS merupakan golongan rentan. Karena aktifitas mereka sangat sering berhubungan dengan masyarakat.

"Harapannya semua warga Lumajang baik dari segmen apapun berhak menerima vaksin. Jadi tidak ada alasan kami tidak memvaksin, baik itu yang mampu atau yang kurang mampu," kata Eka.

Eka menyebut, selanjutnya akan lebih memasifkan program vaksinasi massal. Beberapa strategi seperti menjemput bola para calon penerima vaksin juga bakal diterapkan. Itu semua dilakukan untuk meningkatkan capaian vaksin Lumajang yang saat ini masih 20 persen.

"Memang ketersedian vaksin yang dikirimkan sedikit. Kemudian beberapa wilayah masih ada banyak masyarakatnya yang menolak. Tapi yang jelas kami tetap optimis untuk segera menyelasaikan target 70 persen," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved