Breaking News:

Berita Blitar

Meski di Inmendagri Masuk Level 3, Kota Blitar Pilih Terapkan PPKM Level 2 Sesuai Asesmen Kemenkes

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, Kota Blitar akan menerapkan PPKM Level 2 sesuai asesmen dari Kemenkes.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Wali Kota Blitar, Santoso. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Status PPKM di Kota Blitar sudah masuk level 2 berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tetapi, sesuai Instruksi Mendagri Nomor 43 Tahun 2021 tentang PPKM Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, status Kota Blitar masih berada di PPKM Level 3.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, Kota Blitar akan menerapkan PPKM Level 2 sesuai asesmen dari Kemenkes.

Dengan penurunan level PPKM dari 3 ke 2 ini otomatis ada sedikit kelonggaran aktivitas masyarakat di Kota Blitar.

"Rilis Bu Gubernur sesuai data Kemenkes, kami (Kota Blitar) masuk level 2 dan berada di zona kuning penyebaran Covid-19," kata Santoso, Rabu (22/9/2021).

Santoso bersyukur dengan penurunan status PPKM Kota Blitar dari level 3 ke level 2.

Dia mengimbau masyarakat jangan euforia dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami patut bersyukur dengan turun level, yang penting masyarakat jangan euforia, tetap prokes agar Kota Blitar bisa turun lagi ke level 1," ujarnya.

Dikatakannya, dengan status PPKM Level 2, aktivitas masyarakat di Kota Blitar bisa sedikit dilonggarkan.

"Sesuai aturan PPKM Level 2, masyarakat sedikit ada kelonggaran menggalakkan ekonomi, tempat wisata dibuka kembali dengan prokes ketat," katanya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan, indikator penetapan status level PPKM dari Kemenkes dan Kemendagri memang berbeda.

Indikator penetapan level dari Kemenkes lebih fokus terhadap pengendalian wabah.

Sedang indikator penetapan level dari Kemendagri, selain pengendalian kasus Covid-19 juga ada tambahan indikator lain termasuk capaian vaksinasi dan wilayah aglomerasi.

"Hasil asesmen dari Kemenkes, Kota Blitar masuk level 2, sedang asesmen dari Kemendagri berada di level 3. Tapi, Kota Blitar menerapkan PPKM Level 2 sesuai asesmen Kemenkes," tandas Didik.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved