Breaking News:

Berita Malang Raya

Kota Batu Berstatus PPKM Level 1 Versi Kementerian Kesehatan RI

Kota Batu merupakan salah satu dari 18 kota/kabupaten di Jatim yang dinyatakan turun ke level 1.

Penulis: Benni Indo | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/benni indo
Wisatawan berfoto di ledang bunga matahari yang ada di Kota Batu. Menurut Kemenkes RI, Kota Batu masuk pada Level 1 PPKM. 

SURYA.CO.ID, BATU – Berdasarkan asesmen Kementerian Kesehatan RI, Kota Batu berstatus PPKM Level 1 per Selasa (21/9/2021).

Laporan tersebut berbeda jika dibandingkan dengan Inmendagri Nomor 42 tahun 2021. Kota Batu masih masih dinyatakan PPKM Level 3.

Kota Batu merupakan salah satu dari 18 kota/kabupaten di Jatim yang dinyatakan turun ke level 1.

18 wilayah lainnya adalah Kabupaten Tuban, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Lamongan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

Sementara, 19 kota/kabupaten yang masuk level 2 yakni diantaranya Tulungagung, Kabupaten Probolinggo, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Kabupaten Malang, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar dan Bangkalan.

Baca juga: Ibu 40 Tahun di Kota Malang Ditemukan Tewas, Tetangga Sempat Dengar Cekcok dengan Suami

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menjelaskan, kondisi berbeda itu karena menurut surat Inmendagri Nomor 42 tahun 2021, turun levelnya suatu wilayah juga dinilai dari capaian vaksinasi untuk masyarakat umum yang harus menyentuh angka 50 persen dan untuk lansia harus di atas 40 persen.

“Nah, untuk menuju level 1, cakupan untuk masyarakat umum harus menyentuh di angka 70 persen dan lansia di atas 40 persen. Sementara itu, data percepatan vaksinasi di Kota Batu per 20 September untuk capaian vaksin dosis pertama mencapai 57 persen. Untuk lansia, data per 1 September baru tercapai 24,34 persen,” ujar Punjul.

Punjul mengatakan, Pemkot Batu tengah menargetkan dalam dua pekan kedepan, capaian vaksin bisa mencapai ketentuan untuk level 2 sesuai Inmendagri.

Terutama kepada lansia yang selama ini ada banyak kendala.

Pemkot Batu mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk penurunan level PPKM.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved