Breaking News:

Haris Azhar Bisa Bangkrut Digugat Luhut Rp 100 M, Ini Tanggapan Sang Menteri Dituding Kriminalisasi

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti bisa bangkrut mendadak jika gugatan Luhut Binsar Pandjaitan dikabulkan pengadilan.

Editor: Iksan Fauzi
Kolase
Menteri Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan aktivis HAM Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya, Rabu (22/9/2021). Rencananya, Luhut juga akan menggugat secara perdata kepada kedua aktivis tersebut untuk ganti rugi sebesar Rp 100 miliar. 

SURYA.co.id - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar dan aktivis Fatia Maulidiyanti bisa bangkrut mendadak jika gugatan perdata Luhut Binsar Pandjaitan dikabulkan pengadilan. 

Ya, Luhut yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) berencana menggugat secara perdata terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti dengan ganti rugi sebesar Rp 100 miliar. 

Kuasa Hukum Luhut, Juniver Girsang mengungkapkan, jika nantinya pengadilan mengabulkan gugatan Luhut, uang tersebut rencananya akan disumbangkan kepada warga Papua.

Sebelum menggugat secara perdata, Luhut lebih dahulu melaporkan secara pidana Haris dan Fatia ke Polda Metro Jaya, Rabu (22/9/2021).

Setelah mendapatkan laporan tersebut, pihak Polda Metro Jaya melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan telah menyerahkan berkas laporan itu kepada Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya untuk diteliti.

Lantas apa yang melatarbelakngi perseteruan antara Luhut versus Haris dan Fatia?

Diketahui, laporan tersebut merupakan buntut dari video Haris Azhar dan Fatia yang menduga Luhut bermain bisnis tambang di Blok Wabu, Intan Jaya, Papua. Lantaran keduanya tak segera meminta maaf, Luhut pun melaporkan mereka atas dugaan pencemaran nama baik.

"Saya melaporkan pencemaran nama baik saya." "Sudah dua kali (somasi) dia enggak mau, saya mempertahankan nama baik saya, anak cucu saya."

"Saya kira sudah keterlaluan. Karena saya udah minta dia maaf dua kali. Enggak minta maaf, ya saya ambil jalur hukum," kata Luhut di Polda Metro Jaya, dikutip dari siaran langsung YouTube Kompas TV.

Kuasa Hukum Luhut, Juniver Girsang menyebut ada tiga pasal yang dituduhkan kepada Haris dan Fathia. "Secara resmi, memang pak Luhut yang langsung membuat laporan."

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved