Breaking News:

Press Release

PDKB PLN UPT Surabaya Ganti Isolator Tower 06 SUTT 150 kV Karangpilang-Rungkut

Penggantian isolator disebabkan karena adanya isolator yang sudah tidak bekerja secara optimal pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)

Foto Istimewa PLN UID Jatim
Tim PDKB PLN UPT Surabaya, saat melakukan penggantian isolator dengan mengerahkan 10 personil pada Tower 06 SUTT 150 kV Karangpilang – Rungkut. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya melaksanakan penggantian 44 keping isolator.

Penggantian isolator disebabkan karena adanya isolator yang sudah tidak bekerja secara optimal pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) lantaran terjadinya korosi.

Dilakukan dalam kurun waktu 8 jam, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN UPT Surabaya melakukan penggantian isolator dengan mengerahkan 10 personil pada Tower 06 SUTT 150 kV Karangpilang – Rungkut.

"Wilayah Karang Pilang – Rungkut merupakan kawasan yang padat akan pelanggan industri, sehingga PLN berupaya untuk minimalisir potensi terganggunya suplai aliran listrik kepada pelanggan-pelanggan potensial yang menggunakan pelayanan jasa kelistrikan PLN untuk keberlangsungan kegiatan industri," kata Suroso, General Manager PLN UIT JBM, Selasa (21/9/2021).

Saat ini aktivitas produksi perindustrian sudah kembali normal, sehingga suplai ke kawasan industri harus terjaga.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Sasar Tuna Wisma di Kabupaten Tuban, Polisi Door to Door Jemput Warga

Salah satunya kawasan industri yang ada di rungkut dan sekitarnya dengan jumlah kurang lebih 370 pelanggan industri yang di suplai dari GI Rungkut.

"Sehingga kami menjaga kualitas suplai listrik ke daerah tersebut salah satunya dengan melakukan pekerjaan (penggantian isolator) tanpa padam," jelas Suroso.

Penggantian isolator memerlukan penanganan yang cepat, karena dapat menimbulkan dampak yang cukup besar seperti terputusnya rangkaian isolator sehingga konduktor (kabel) terjatuh.

Hal itu menyebabkan keandalan sistem dan kontinuitas penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan menjadi terganggu.

enanganan cepat yang dilakukan Tim PDKB merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung berjalannya industri sebagai pergerakan perekonomian.

Tak hanya itu, dengan melaksanakan pekerjaan tanpa padam, PLN berhasil menyelamatkan daya.

“Dengan pekerjaan ini PLN dapat memastikan jaringan transmisi dalam menyalurkan energi listrik tetap andal," ungkap Suroso.

Sehingga tidak menyebabkan gangguan signifikan pada pergerakan aktivitas industri.

Pihaknya juga menyelamatkan kurang lebih 53 MW dengan dilakukannya pekerjaan tanpa padam.

Dalam setiap pelaksanaan pekerjaan, PLN memastikan seluruh tim menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
"Kecekatan pada upaya perbaikan ini menunjukkan kesiapan instalasi UPT Surabaya untuk menjamin kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan yang diberikan PLN," tandas Suroso.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved