Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Kominfo Jatim Bangun Infrastruktur Backbone, Lebih Terintegrasi, Aman dan Hemat Anggaran

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur kini tengah membangun infrastruktur backbone Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Arif Lukman Hakim secara khusus melaunching operasional infrastruktur backbone dan sistem monitoring jaringan TIK, Selasa (21/9/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) kini tengah membangun infrastruktur backbone Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Backbone TIK tersebut nantinya akan mengintegrasikan jaringan telekomunikasi seluruh perangkat daerah Provinsi Jawa Timur yang berada di wilayah Surabaya Raya.

​Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Arif Lukman Hakim secara khusus melaunching operasional infrastruktur backbone dan sistem monitoring jaringan TIK, Selasa (21/9/2021).

Pembangunan jaringan backbone ini merupakan jawaban atas berbagai kendala yang terjadi selama ini dalam pengelolaan TIK di Pemprov Jatim. Seperti biaya sewa bandwith internet yang tergolong mahal, serta keamanan data yang belum terjamin.

Menurut Arif, hal itu dikarenakan jalur komunikasi antar OPD Pemprov sebagian masih bersifat terbuka atau belum sepenuhnya menggunakan jaringan intra seperti backbone.

“Memang ada beberapa yang menggunakan teknologi VPN (Virtual Private Network). Namun teknologi ini tidak seaman dan senyaman jaringan intra, karena harganya sangat mahal, dan kecepatannya rendah,” ujar Arif yang mantan Kabag Media Dokumentasi Biro Humas Protokol ini.

Jaringan backbone, lanjut Arif, mempunyai beberapa kelebihan. Seperti jalur komunikasi terpisah dari jalur internet dan langsung berhubungan antar OPD, kebutuhan internet bisa dikelola dalam satu jalur besar di Dinas Kominfo sehingga menghemat biaya sewa internet, serta komunikasi data bisa dikontrol dalam satu manajemen jaringan.

Selain itu komunikasi lebih efisien dan efektif, karena proses berbagi data antar OPD menjadi sangat murah, mudah dan cepat.

“Jadi secara umum, penggunaan jaringan intra atau backbone sangat menguntungkan,” jelasnya.

Menurutnya, langkah membangun jaringan backbone ini sangat penting dilakukan mengingat adanya tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih baik dan lebih cepat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved