Breaking News:

Sambang Kampung Mojo Surabaya

RT 2 RW 10 Kampung Lilin, Kelurahan Mojo Surabaya: Misi Kampung Lilin Jadi Wisata Edukasi

Warga RT 2 RW 10 Kelurahan Mojo Surabaya kini tengah berupaya gotong-royong menciptakan wisata edukasi.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Parmin
surya.co.id/zainal arif
Reni Tripuspitasari dan Andini warga Kampung Lilin menunjukkan produk lilin dan pupuk tanaman hasil olahan limbah minyak jelantah dan cangkang telur dari UMKM Roti My Breads Bakery, Senin (20/9/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga RT 2 RW 10 Kelurahan Mojo Surabaya kini tengah berupaya gotong-royong menciptakan wisata edukasi.

Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan ekonomi warga di tengah Pandemi Covid-19.

Mulai dari pintu gerbang terpampang jelas tulisan Kampung Lilin dengan icon khasnya "Lilin".

Pemandangan serba hijau dengan beragam lukisan mural warna warni membuat jalan terlihat menarik untuk dinikmati saat memasuki kampung ini.

Di setiap tanaman di kampung ini, diberikan warga tulisan berupa penjelasan tentang nama tumbuhan tersebut sekaligus manfaatnya.

Sumijanarko, Ketua RT 02 Kampung Lilin, mengungkapkan semua tulisan yang tertempel pada pot tanaman merupakan bentuk upaya edukasi nantinya kampung tersebut menjadi kampung wisata.

"Kami arahnya kesana (kampung wisata edukasi), mangkannya kami siapkan semua ini sudah sejak tahun lalu (2020)," ujar Sumijanarko kepada SURYA.co.id, Senin (20/9/2021).

Selain penjelasan tentang berbagai tanaman, kampung ini juga berencana menyediakan tempat untuk mengajarkan pengunjung bagaimana cara mengolah limbah.

Pasalnya, satu diantara warga RT 2 RW 10 Kampung Lilin, Kelurahan Mojo Surabaya ini memiliki usaha UMKM Roti bernama My Breads Bakery.

UMKM yang berdiri dari 10 tahun ini telah memiliki banyak pelanggan hingga tak sedikit yang melakukan pesanan dengan jumlah banyak.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved