Breaking News:

Berita Gresik

Optimistis Tiga Ranperda Prakarsa Majukan Kabupaten Gresik

Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir (tengah) memimpin rapat paripurna, Senin (20/9/2021). Foto : DPRD Kabupaten Gresik.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Parmin
Foto: dprd kabupaten gresik
Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir (tengah) memimpin rapat paripurna, Senin (20/9/2021). 

SURYA.co.id | GRESIK - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menjawab Pandangan umum (PU) yang disampaikan masing-masing fraksi di DPRD Gresik, Sabtu (18/9/2021) lalu. Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) prakarsa akan menjadikan Gresik yang lebih maju.

Rapat paripurna DPRD Gresik penyampaian jawaban Bupati terhadap pandangan umum fraksi-fraksi atas Ranperda Prakarsa Pemkab Gresik tahun 2021 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir. Bersama Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Ridwan dan Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Saidah.

Diketahui, tiga ranperda itu adalah Ranperda Penyertaan Modal Perumda Giri Tirta, Ranperda Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah dan Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gresik Tahun 2020-2040.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menyampaikan, Ranperda Penyertaan modal Kepada Perumda Giri Tirta merupakan persyaratan sebagai dana pendamping dari pendanaan yang akan diberikan oleh Pemerintah Pusat. Tujuannya untuk pemanfaatan pasokan air bersih dari Umbulan, Kabupaten Pasuruan. Yaitu dari dana APBN sebesar Rp 86 miliar, DAK sebesar Rp 70 miliar.

Termasuk hibah air minum berbasis kinerja serta dana pendamping dari pendanaan National Urban Water Supply Project (NUWSP) sebesar 36 miliar.

"Sebagai hadiah dari kerjasama business to business Perumda Giri Tirta dalam pemanfaatan kapasitas 1.000 liter per detik," terangnya.

Ranperda Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuannya penataan OPD agar memperhatikan kemampuan keuangan dan SDM.

Telah melalui pertimbangan perumpunan urusan yang menjadi kewenangan daerah, pelayanan masyarakat, potensi daerah, penyelarasan tugas fungsi
dan susunan organisasi dengan target kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gresik.

"Merampingkan struktur organisasi dengan memperhatikan potensi urusan yang menjadi beban kerja perangkat daerah untuk mendukung pencapaian nawa karsa. Termasuk meningkatkan performa kelembagaan," terangnya.

Sedangkan Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gresik akan dilengkapi dengan album peta pembangunan secara terperinci.

Terdiri atas peta wilayah perencanaan, peta penggunaan lahan eksisting, rencana struktur ruang, pola ruang dan kawasan strategis kabupaten. Semuanya telah mengacu pada basis data terpadu Kementerian ATR/BPN.

"Kemudian mendapatkan supervisi dari Badan Informasi Geospasial sesuai dengan tugas dan kewenangannya," tuturnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved