Breaking News:

KBI

Wamendag Jerry Sambuaga: Sinergi Kunci Bangun Ekosistem SRG untuk Sejahterakan Petani

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan diperlukan sinergi dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem sistem resi gudang (SRG).

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
foto: kbi
Wamendag Jerry saat membuka Public Hearing “Membangun Ekosistem Sistem Resi Gudang di Indonesia”  digelar secara hibrida pada Jumat (17/9/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan diperlukan sinergi dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem sistem resi gudang (SRG) di Indonesia.

Melalui sinergi tersebut, SRG dapat dilaksanakan secara optimal meningkatkan kesejahteraan para petani.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat membuka Public Hearing “Membangun Ekosistem Sistem Resi Gudang di Indonesia”  digelar secara hibrida pada Jumat (17/9/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Sebagai pembicara antara lain Kepala Biro Pembinaan dan Pengawasan SRG dan Pasar Lelang Komoditas (PLK) Widiastuti, Direktur Utama PT KBI Fajar Wibhiyadi, dan SVP Commercial Banking Bank Mandiri Nita Prihutaminingrum.

Kemudian, Chairman BUMN Center Universitas Padjajaran Bandung Yudi Azis, CEO ayoIndonesia.com Robert Purba, serta sebagai moderator Ahli Utama Pemeriksa Perdagangan Berjangka Komoditi Nusa Eka.

“Kemendag telah membangun SRG sejak 2006 untuk membantu mengatasi tantangan petani daerah yang kesulitan dalam mendapatkan harga yang menguntungkan saat panen."

"Hal ini salah satunya disebabkan karena petani tidak mempunyai gudang untuk menyimpan hasil pertanian. Untuk itu, Kemendag memberikan solusi dengan membangun gudang SRG sebagai instrumen tunda jual untuk membantu kesejahteraan petani,” jelas Jerry.

Dirinya menyampaikan, untuk mendukung pelaksanaan SRG, Kemendag telah membangun gudag SRG beserta sarananya di daerah sentra produksi.

“Saat ini terdapat 123 gudang SRG yang dibangun Kemendag di berbagai daerah di Indonesia. Melalui SRG petani dapat menyimpan komoditas selama 3—5 bulan dan dijual kembali ketika harga menguntungkan,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved