Breaking News:

Berita Lumajang

Janji Tim Juri saat Menilai Desa Ranupane Lumajang dalam Ajang ADWI 2021

Tim juri telah melakukan proses evaluasi Ranupane, 50 nominasi kategori desa terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Parmin
surya.co.id/tony hermawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Ranupane, Lumajang, Minggu (19/9/2021). 

SURYA.CO.ID | Lumajang - Tim juri telah melakukan proses evaluasi Ranupane, setelah masuk 50 nominasi kategori desa terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Diketahui, sejak kemarin (19/9/2021) tim juri melakukan peninjauan ulang pesona titik-titik lokasi wisata, sekitaran Ranupane, seperti Bantengan dan Ranu Regulo.

Sedangkan adat budaya yang menjadi penilaian yakni Hari Raya Karo, tradisi Gegeni, dan busana udeng-kaweng. 

Tidak hanya itu, kuliner hasil komoditas pemanfaatan pertanian lokal seperti sambal teropong dan kentang juga menjadi poin penilaian tim dewan juri.

Dari aspek-aspek itu, kata Yoga, ada tujuh kategori yang menjadi penilaian tim juri, di antaranya, penilaian desa digital, konten kreatif, daya tarik wisata, homestay, toilet, suvenir, dan CHSE (clean, health, safe, environment). 

Panca R Sarungu, Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (Masata) menyebut, Ranupane salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Pasalnya, desa tersebut membangun wisata tanpa menghilangkan  pemanfaatan pertanian lokal warga. Artinya desa Ranupane dianggap sukses mewujudkan wisata berbasis argaria.

"Kami punya pandangan secara over all sudah bagus, homestay juga, daya tarik luar biasa. Saya beri nilai tinggi," katanya.

Selain potensi kekayaan alam yang diakui bagus, letak Desa Ranupane juga dianggap strategis.

Kawasan itu dapat diakses dari Kota Malang dan Lumajang, sehingga pesona Ranupane dinilai bisa mendatangkan banyak wisatawan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved