Breaking News:

Launching TribunMataraman

Emil Dardak Optimistis TribunMataraman Jadi Katalis Pembangunan Wilayah Mataraman Jatim

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengucapkan selamat atas dilaunchingnya TribunMataraman.Com, Jumat (17/9/2021).

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya.co.id/fatimatuz zahro
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengucapkan selamat atas dilaunchingnya TribunMataraman.Com, Jumat (17/9/2021). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengucapkan selamat atas dilaunchingnya TribunMataraman.Com, Jumat (17/9/2021).

Ia optimistis bahwa portal baru tersebut bisa menjadi katalis dalam pembangunan Jawa Timur khususnya wilayah mataraman. 

“Selamat atas diluncurkannya TribunMataraman.Com, kami optimis Tribun Mataraman akan menjadi katalis pembangunan kawasan mataraman bukan hanya infrastrukturnya, tetapi juga sisi ekonominya,” kata Emil Dardak, yang hadir sebagai narasumber dalam talkshow nasional launching TribunMataraman.com. 

Pasalnya ada banyak rencana pembangunan di kawasan mataraman yang butuh dikawal. Mulai dari pembangunan infrastruktur yang masif di Blitar, Trenggalek, pusat pengembangan industri sapi perah, pengembangan agro foresty, dan pembangunan di selingkar wilis dan lingkar selatan. Belum lagi pembangunan bandara baru di Kediri. 

Ada banyak proyek pembangunan di wilayah mataraman dan selingkar wilis yang telah direstui Presiden Joko Widodo sebagaimana tertuang dalam Perpres 80 Tahun 2019. 

Selain itu ia juga menegaskan bahwa Pembangunan wilayah mataraman saling tersambung satu sama lain yang tak lain tujuannya untuk mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah eks karisidenan Kediri tersebut. 

Namun begitu, menurut Emil Dardak, tantangannya saat ini adalah kondisi pasca pandemi covid-19.

Yang dampaknya adalah anggaran pemerintah, kemudian banyak proyek prioritas yang telah tertunda, sehingga pembangunan di mataraman tetap harus dikawal bersama.

“Untuk itu, diluncurkannya TribunMataraman.Com ini menjadi sangat strategis. Kami berharap TribunMataraman ini menjadi bagian yang mengawal percepatan pembangunan di kawasan mataraman,” tegasnya.

Sebagai alumnus kepala daerah di wilayah mataraman tepatnya mantan Bupati Trenggalek, menurut Emil Dardak, komunikasi dan sinergi antar elemen sangat menjadi penentu keberhasilan pembangunan daerah. 

“Kita harap TribunMataraman.Com bisa menggali seluas luasnya potensi sinergi ekonomi di kawasan mataraman,” tegasnya.

Lebih jauh, menurut Emil Dardak, kawasan selatan Jawa Timur, kawasan mataraman, harus menjadi seperti sapu lidi yang terikat dengan kokoh. Tidak terpecah satu persatu. 

“Pada intinya, kawasan selatan belum kokoh di pesisir, padahal ini wajah kita di samudra hindia. Makanya kita harus mendorong kawasan kita berkemnang di samudra hindia."

"Maka JLS didorong, pelabuhan didorong, bandara didorong. Ibarat sapu lidi selama ini masih terpisah. Kawasan selatan tidak pernah terkoneksi."

"Tapi dengan adanya pembangunan kawasan mataraman, ini artinya sudah diikat dan akan menjadi semakin kokoh,” ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved