Breaking News:

Berita Kampus

Melalui Panel Surya, ITTelkom Surabaya Terangi Desa Ngeni Kabupaten Blitar

LPM Institut Teknologi Telkom Surabaya melakukan kegiatan pendampingan bagi masyarakat di Desa Ngeni, Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto: ittelkom surabaya
Kegiatan LPM ITTelkom Surabaya yang memberikan PJU tenaga Surya sekaligus pelatihan bagi warga melalui karang taruna untuk merawat dan bila memungkinan membuat sendiri PJU bertenaga Surya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya), melakukan kegiatan pendampingan bagi masyarakat di Desa Ngeni, Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Mereka membantu memberikan solusi penerangan jalan dengan menggunakan energi terbarukan, yaitu panel surya.

Tim yang terdiri atas Dimas Adiputra sebagai Ketua Tim dan empat anggotanya tersebut berhasil dan mendapatkan apresiasi positif dari warga.

“Di Desa Ngeni umumnya jarak antar rumah warga saling berjauhan, sehingga masih terdapat jalan yang gelap dan itu dikeluhkan warga," kata Dimas, Rabu (15/9/2021).

Terutama jalan di lereng gunung yang tidak terjangkau kabel listrik PLN. Pemasangan PJU pada titik-titik tersebut sudah diajukan ke PLN, tetapi proses pemasangan belum terealisasi sepenuhnya sampai saat ini.

PJU (Penerangan Jalan Umum) dengan panel Surya yang dibuat tim LPM IIT Telkom Surabaya itu diklaim hemat biaya.

"Karena tidak perlu biaya bulanan untuk langganan ke PLN serta tidak ada biaya operasional yang perlu dibebankan ke pihak manapun. Kecuali untuk perawatan," jelas Dimas.

Total ada 12 PJU tenaga surya diberikan yang terpasang di wilayah Desa Ngeni.

Selain itu, tim juga memberikan pelatihan keterampilan teknologi berupa pelatihan perakitan PJU tenaga surya.

Pelatihan ini dilakukan di Balai Desa Ngeni dengan peserta para anggota karang taruna Desa Ngeni.

Materi pelatihan meliputi pemahaman tentang komponen elektronika PJU tenaga surya, skematik diagram kelistrikan, dan modifikasi pengaturan PJU tenaga surya.

"Dengan adanya pelatihan ketrampilan tersebut, kami berharap agar masyarakat Desa Ngeni dapat merawat PJU tenaga surya yang dihibahkan, bahkan sampai membuat PJU tenaga surya sendiri," tandas Dimas.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved