Breaking News:

Berita Kediri

Lomba Desa Tangguh Bencana Tingkat Jatim, Kelurahan Ngampel Jadi Wakil Kota Kediri

Terpilihnya Kelurahan Ngampel untuk mengikuti lomba Destana se-Jatim karena sudah memenuhi 12 indikator

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/didik mashudi
Tim BPBD Jatim melakukan penilaian lomba Destana di Kelurahan Ngampel, Kota Kediri. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Kelurahan Ngampel ditunjuk menjadi wakil Kota Kediri pada Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) tingkat Madya se-Jatim.

Tim penilai dari BPBD Jatim pada Rabu (15/9/2021) telah melakukan penilaian di Kelurahan Ngampel.

Terpilihnya Kelurahan Ngampel untuk mengikuti lomba Destana se-Jatim karena sudah memenuhi 12 indikator yang telah ditentukan untuk tingkat Madya.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh menjelaskan, BPBD Kota Kediri memilih Kelurahan yang sudah memenuhi indikator untuk dijadikan wakil dalam lomba Destana.

"Karena lomba Destana yang diikuti berada di tingkat Madya sehingga ada 12 Indikator yang harus dipenuhi," jelas Indun Munawaroh

Di Kota Kediri sudah terdapat 13 kelurahan Destana yang sudah dibentuk.

Baca juga: Acara Musik Elekton Campursari Warga Ngrayun Kabupaten Ponorogo Dibubarkan Polisi

Petugas selalu melakukan pendampingan dalam pemenuhan indikator agar bisa dijadikan Destana kepada Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) di setiap kelurahan.

"Kita harapkan dari pembuatan Destana ini adalah kemandirian masyarakat untuk lebih tanggap dengan potensi terjadinya bencana. Selain itu terpenuhinya peralatan untuk menanggulangi bencana di setiap wilayah," tambahnya.

Sementara Kuswanto, Lurah Ngampel menjelaskan, ditunjuknya Kelurahan Ngampel dalam lomba Destana karena bkesadaran masyarakat yang tinggi akan potensi bencana di wilayahnya.

"Di Kelurahan Ngampel potensi bencananya adalah banjir. Jadi setiap banjir masyarakat serta relawan secara gotong-royong membantu warga untuk mengungsi, membuat dapur darurat untuk persediaan makanan, menutup akses jalan yang terkena banjir. Warga sudah tanggap apa yang dilakukan jika terjadi bencana," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved