Breaking News:

Berita Surabaya

Kemenkes Beri Level 1, Mendagri Level 3; Surabaya Harus Pacu Capaian Vaksinasi Gresik-Sidoarjo

Surabaya memiliki keterkaitan dengan wilayah aglomerasi (Surabaya, Gresik, Sidoarjo). Di antara indikatornya capaian vaksinasi.

surya/bobby koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis hasil assessment terkait situasi Covid-19 di daerah. Dan pada Selasa, 14 September 2021, Surabaya masuk level 1.

Surabaya mengalami penurunan level setelah penilaian di sejumlah indikator yang dinilai telah memadai. Hasil assessment ini menjadi yang terbaik untuk Surabaya selama 4 bulan terakhir.

Enam indikator penilaian itu terbagi menjadi Transmisi Komunitas dan Kapasitas Respon. Untuk Transmisi Komunitas, kasus konfirmasi per 100.000 penduduk di Surabaya saat ini 8,81 (tingkat 1).

Kemudian, Rawat Inap Rumah Sakit per 100.000 penduduk saat ini 3,43 persen (tingkat 1). Kemudian, angka kematian per 100.000 penduduk, berada di angka 0,65 (tingkat 1).

Sedangkan Kapasitas Respon terdiri dari testing - % Positive Rate per Minggu di Surabaya di angka 0,41 (memadai). Selanjutnya, tracing – rasio kontak erat/kasus konfirmasi per Minggu sekarang di angka 20,71 (memadai).

Kemudian untuk treatment - Bed Occupancy Rate (BOR) per Minggu sekarang di angka 14,54 (memadai). "Alhamdulillah, dari enam indikator, semuanya sudah memadai," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Dengan adanya penurunan ini, Cak Eri bersyukur. Ia berterimakasih atas kerjasama seluruh lapisan masyarakat. Seluruh elemen di Kota Surabaya bergotong-royong agar Surabaya bisa berada di level 1. "Alhamdulillah matur nuwun (terima kasih) semua warga Surabaya," tambahnya.

Meski telah berstatus level 1 dalam situasi Covid-19 dari Kemenkes, namun dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021, Kota Surabaya masih berada di level 3.

Sebab Surabaya memiliki keterkaitan dengan wilayah aglomerasi (Surabaya, Gresik, Sidoarjo). Satu di antara indikatornya soal capaian vaksinasi.

Di dalam aturan Inmendagri, total capaian vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi lanjut usia (lansia), juga menjadi salah satu indikator penilaian level.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved