5G Diluncurkan, Sandiaga Uno Optimistis Akan Bangkitkan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata di Indonesia

Menparekraf, Sandiaga Uno mengapresiasi 5G Experience Center yang merupakan kolaborasi ITS dengan dunia digital dan dunia industri.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat hadir dalam launching 5G Experience Center di Gedung Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (16/9/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno turut hadir dalam launching 5G Experience Center di Gedung Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Kedatangan Menparekraf dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dikembangkan 5G di Indonesia demi menyokong kemajuan industri kreatif, UMKM dan juga pariwisata.

Terutama, menurut Sandiaga Uno, industri kreatif juga pariwisata ini sangat ditopang oleh konektivitas. Dan konektivitas bisa lancar berjalan jika didukung oleh jaringan yang memadai.

“Kami sangat mengapresiasi 5G Experience Center ini, yang merupakan kolaborasi ITS dengan dunia digital dan dunia industri. Dan kami juga mengharapkan ini menjadi center of humanity sesuai dari motto ITS,” tegas Menparekraf.

Ia juga berpesan, teknologi harus membangun manusia, menciptakan lapangan kerja dan berperan penting dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya para pelaku UMKM dan juga masyarakat di kawasan pedesaan.

Sejauh ini, Kemenparekraf telah membangun desa wisata dan desa kreatif. Yang ke depannya dengan adanya sokongan tekonologi 5G diharapkan akan semakin berkembang dan semakin terhubung.

Oleh sebab itu, menurut Sandiaga Uno, adanya 5G Experience Center di ITS ini bak kebangkitan sinyal yang menjadi secercah harapan dan cahaya bagi kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

“Pariwisata dan ekonomi kreatif ini sangat tergantung dengan connectivity yang dihasilkan oleh jaringan. Pariwisata identik dengan digital ekonomi, orang datang foto update status, tapi di pariwisata ini juga ajangnya penjualan produk UMKM dan karya kreativitas. Kita harap pengembangan 5G langkah yang strategis untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif,” tegasnya.

Lebih lanjut, 5G Experience Center ITS menjadi yang pertama di Indonesia. 5G Experience Center ini berfungsi sebagai kawah candradimuka untuk menggembleng calon pelaku transformasi digital, sampai dengan pusat inovasi teknologi dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di era 5G.

Diharapkan center ini mampu mendukung era industri 4.0, society 5.0, termasuk strategi transformasi digital di ITS yang menjadi bagian dari konsep ID 4.0. Untuk mencapai itu semua, center ini dilengkapi dengan knowledge center (tempat pelatihan), excellent center (tempat sertifikasi) dan creative center (tempat pengembangan dan inovasi aplikasi).

Program ini didukung penuh oleh Kementerian melalui program Matching Fund Kedaireka, melalui kerjasama ITS-Nokia-Indosat-PT, INTI-PT, Solusi247. Dalam waktu dekat, ITS akan bekerja sama dengan Universitas Oulu, dengan tujuan untuk melakukan pengembangan berbagai hal, mulai 5G, 6G, hingga berbagai teknologi baru, termasuk autonomous vehicle.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved