Breaking News:

Berita Jember

Peluncuran Angkutan Wisata Jember, Bupati dan Wabup Jember Ngayuh Becak Wisata

Menandai peluncuran Angkutan Wisata Jember, Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengayuh becak wisata

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Bupati Jember Hendy Siswanto (kanan) dan Wabup Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengayuh becak wisata dalam peluncuran Angkutan Wisata Jember, Rabu (15/9/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - "Ngos-ngosan, betapa beratnya ngayuh becak," kata Bupati Jember, Hendy Siswanto, sambil mengatur nafas. Bupati Hendy mengatakan hal tersebut ketika ditanya wartawan setelah mengayuh becak wisata, Rabu (15/9/2021).

Menandai peluncuran Angkutan Wisata Jember, Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengayuh becak wisata berkeliling Alun-alun Jember.

Rabu ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bersama pegiat 'social tourism' Tamasya Bus Kota (TBK) Jember meluncurkan program Angkutan Wisata Jember di depan Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember.

Becak wisata, merupakan sat, dari beberapa jenis angkutan yang masuk dalam Angkutan Wisata Jember (AWJ). Angkutan yang dipakai adalah angkutan konvensional di Jember yakni becak, ojek konvensional, angkutan kota dan angkutan pedesaan.

Semua angkutan konvensional yang melayani angkutan wisata itu dikenalkan ke masyarakat dalam peluncuran tersebut. Perwakilan becak wisata, ojek, angkutan kota atau lin kuning, dan angkutan desa hadir dalam peluncuran itu.

Sebab, angkutan wisata itu juga langsung mengantarkan wisata ke rute wisata yang telah ditentukan.

Setelah melepas angkutan wisata, kepala daerah Jember rupanya memilih mengayuh dua becak wisata yang berbaris di paling depan. Bupati Hendy dan Wabup Gus Firjaun yang memakai seragam sama, juga memakai ublang (Udeng - Blangkon, red) secara sigap langsung naik ke kursi pengemudi becak.

Keduanya mengayuh becak berkeliling Alun-alun Jember.

"Berat, ini ngos-ngosan. Karena itu, kita semua harus menghargai kerja keras tukang becak, juga kawan-kawan sopir angkutan ini. Karenanya, angkutan wisata ini menurut saya sangat keren. Angkutan wisata ini akan memberdayakan warga Jember yang menjadi sopir angkutan, juga menjadi awal kebangkitan wisata Jember. Wes wayahe tamasya nang Jember," tegas Hendy.

Angkutan Wisata Jember itu mengantarkan wisatawan ke sejumlah tempat wisata yang dituju. Saat peluncuran Angkutan Wisata Jember, ada tiga rute yang disiapkan yakni Wisata Megalitikum Kamal - Arjasa, Wisata Religi Ponpes Manarul Huda - Ajung dan City Tour Jember.

"Kami memang memadukan pemberdayaan masyarakat Jember melalui angkutan wisata dan sektor pariwisata. Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan mitra wisata kami. Sopir angkutan juga dilatih bagaimana mengantar wisata, seperti public speaking, menjadi guide, juga belajar fotografi sederhana memakai ponsel," ujar Hast Utama, Pendiri Tamasya Bus Kota (TBK) Jember.

Keberadaan Angkutan Wisata Jember, lanjut Hasti, diharapkan mampu membantu perekonomian para sopir angkutan, juga menggerakkan sektor pariwisata Kabupaten Jember.

"Karena Jember ini sebenarnya sangat kaya dengan destinasi wisata. Kekuatan kita adalah membangun narasi pariwisata Jember," tegasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved