Breaking News:

Berita Tuban

Pedasnya Ikan Manyung Khas Tuban, Racikan Pedesaan Yang Selalu Dirindukan Pecinta Kuliner

Memang ada anggapan bahwa masakan yang sederhana akan terasa lebih 'membahana' sehingga harus mengulanginya

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Deddy Humana
Pedasnya Ikan Manyung Khas Tuban, Racikan Pedesaan Yang Selalu Dirindukan Pecinta Kuliner - kuliner-ikan-manyung-tuban-1.jpg
surya/mochamad sudarsono
Proses memasak kepala ikan manyung dan rajungan khas warung Mak tie Tuban.
Pedasnya Ikan Manyung Khas Tuban, Racikan Pedesaan Yang Selalu Dirindukan Pecinta Kuliner - kuliner-ikan-manyung-tuban-2.jpg
surya/mochamad sudarsono
Menu kepala ikan manyung dan rajungan khas warung Mak tie Tuban memiliki segmen penggemar yang luas.

SURYA.CO.ID, TUBAN - Datang ke suatu daerah kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas. Di Tuban misalnya, daerah yang dikenal dengan kekayaan lautnya ini mempunyai berbagai menu kuliner dari bahan ikan.

Salah satu menu andalan yang bisa menggetarkan lidah pecinta kuliner adalah ikan manyung asap khas Tuban. Menu khas kepala ikan manyung ini, salah satunya, bisa disantap di Warung Mak Tie, yang berada di Jalan basuki rahmat, tepatnya di sisi Timur gedung Bank Jatim.

Dengan bumbu mangut yang menyatu ke kepala ikan, masakan ikan manyung itu bakal makin melengkapi cita rasa kuliner. "Enak manyungnya, kuah mangutnya juga pedas," kata Ari, salah seorang pengunjung warung yang ditemui, Rabu (15/9/2021).

Memang ada anggapan bahwa masakan yang sederhana akan terasa lebih 'membahana' sehingga harus mengulanginya. Itu pula yang dirasakan dari masakan kepala ikan Manyung ini, begitu mencoba maka akan terus dirindukan.

Ari menjelaskan, masakan ikan manyung di Warung Mak Tie berasa masakan pedesaan yang bumbunya berasa kuat, meski lokasinya di jantung kota. Karena itu Ari merekomendasikan menu tersebut untuk mereka yang ingin mencicipi masakan ala pesisir.

"Saya kira cocok karena rasa masakannya bikin nagih, ada juga lauk ikan lainnya selain manyung. Karena di sini semua lengkap kuliner ikan," ungkapnya.

Sementara pengelola warung Mak Tie, M Yasin menyatakan, konsep warung yang dijalankan memang menyediakan khusus kuliner laut. Di antaranya mangut manyung yang dibanderol Rp 35.000 sampai Rp 55.000, Garang asem manyung Rp 35.000 sampai Rp 50.000 dan kare rajungan Rp 40.000 sampai Rp 60.000.

Selain itu pengunjung bisa mencari menu lain di sini,seperti oseng Telur cumi, Telur manyung, Telur balak, jeroan ayam, oseng usus seharga Rp 5.000, juga ada oseng Telur rajungan hanya Rp 7.000.

"Kalau menu spesialnya ya menu khas laut. Jadi kami hadir di tengah kota untuk menyediakan masakan khas pesisir," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved