Breaking News:

Berita Pasuruan

Ketua DPP PKB : Pengesahan Dana Penyelenggaraan Pesantren Kado Istimewa Jelang Hari Santri

Ini merupakan kado istimewa jelang Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober 2021, dari Presiden Republik Indonesia

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa DPP PKB
Ketua DPP PKB Faisol Riza 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Ketua DPP PKB Faisol Riza menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo yang menandatangani Perpres tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren.

"Allhamdulillah, ini merupakan kado istimewa jelang Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober 2021, dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo," kata Faizol Riza dalam rilis yang diterima, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, penandantanganan Perpres oleh Presiden Jokowi, menjadi bukti komitmen kuat Pemerintah dalam memajukan sekaligus perlakuan yang adil terhadap dunia pesantren.

”Dulu Pak Jokowi melalui usulan dari berbagai kalangan pesantren dan dikawal oleh PKB, menetapkan Hari Santri Nasional pada 2015. Kemudian lahir Undang-Undang Pesantren pada 2019, dan kini diteken Perpres tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Ini harus kita apresiasi dan PKB akan terus mengawalnya,” tegasnya.

Selain itu, masih kata Faisol Riza, memang sudah seharusnya bangsa ini memberikan perhatiannya kepada pesantren.

Sebab, pesantren memiliki kiprah atau peran yang sangat besar bagi bangsa ini, bahkan jauh sejak Republik ini berdiri.

”Lahirnya Indonesia juga tidak lepas dari peran pesantren, para santri, para kiai. Dan pesantren pula yang selama ini menjadi kekuatan dalam melahirkan kader-kader bangsa yang berakhlaqul karimah. Tidak akan berdiri bangsa ini tanpa adanya peran dari kalangan pesantren,” paparnya.

Faisol Riza yang juga merupakan Ketua Komisi VI DPR RI ini mengungkapkan, di era pandemi saat ini, sistem belajar ala pesantren yang masih bisa berjalan dengan baik.

”Ketika yang lainnya harus belajar virtual, di pesantren umumnya masih tetap belajar tatap muka karena memang sistem di pesantren adalah isolasi. Berkumpul tapi isolasi. Jadi orang luar tidak bebas masuk. Alhamdulillah, selama ini secara umum sistem belajar di pesantren masih berlangsung lancar dan aman,” pungkasnya.

BACA BERITA PASURUAN LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved