Breaking News:

Berita Kediri

Disebut Lebih Canggih, Polres Kediri Lengkapi ETLE dengan Teknologi INCAR Guna Meminimalisir Pungli

Polres Kediri akan melengkapi sistem tilang elektronik atau ETLE dengan teknologi Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Farid Mukarrom
Kegiatan Polres Kediri saat ikuti pemaparan dari STIK Lemdikat di Mapolres Kediri 

SURYA.CO. ID, KEDIRI - Polres Kediri akan melengkapi sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan teknologi Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

Teknologi tersebut merupakan update dari sistem ETLE.

Dalam INCAR ini nanti akan ada kamera pengawas di setiap kendaraan petugas yang terhubung dengan aplikasi.

INCAR ini akan melakukan pengawasan dan penindakan pada pelanggar lalu lintas dengan menggunakan teknologi baik stasioner maupun bergerak.

Selain itu, INCAR ini juga berbasis data yang terhubung dengan Dispendukcapil, sehingga memudahkan dalam proses identifikasi pelanggar.

Kasat Lantas Polres Kediri, AKP Bobby Muhammad Zulfikar menyampaikan, bahwa dalam kurun waktu satu hingga dua minggu ke depan akan ada launching INCAR.

Hal ini tak terlepas dari kunjungan Tim peneliti dari STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian) Lemdiklat Polri ke Polres Kediri pada Senin (13/9/2021).

"Program ini merupakan bentuk pencegahan terjadinya pungutan liar, khususnya di bidang lalu lintas," ungkapnya Rabu (15/9/2021).

Menurut Kasat Lantas Polres Kediri, bahwa pihaknya masih menyiapkan segala sesuatunya usai mendapat pengarahan dari tim peneliti STIK Lemdikat Polres Kediri.

"Kami sudah diberi pengarahan tentang INCAR itu apa, dan ETLE itu apa, mulai mekanisme dan cara kerjanya," jelasnya.

Dijelaskan AKP Bobby Muhammad Zulfikar, bahwa dalam hal ini Polres Kediri merupakan salah satu dari 10 Polres pertama di Jawa Timur yang akan menerapkan teknologi INCAR.

Sehingga diharapkan program ini akan mewujudkan Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved