Breaking News:

Berita Jember

Berwisata di Menara Air Raksasa Pasar Tanjung, Bukti Kemegahan Pencakar Langit Jember Masa Lalu

Ke depan, Hasti berharap kawasan Pasar Tanjung dan menara airnya lebih diperhatikan agar siap menerima kunjungan wisatawan.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Wisatawan lokal mengikuti city tour memakai Angkutan Wisata Jember di area tandon air Pasar Tanjung, Rabu (15/9/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Kabupaten Jember menyimpan sejumlah bangunan bernilai sejarah yang menjadi saksi atau bagian dari perkembangan Kota Jember di masa lalu. Bangunan-bangunan itu masih kokoh berdiri, dan bisa dikunjungi. Tidak sekadar dikunjungi, tetapi bisa dijadikan tempat tujuan wisata.

Salah satunya menara air yang menjulang di Pasar Tanjung. Menara itu memang merupakan tandon, jadi layak untuk ditonton. Bahkan menara air itu bisa dijadikan salah satu destinasi wisata sejarah di Jember.

Pegiat social tourism Tamasya Bus Kota (TBK) Jember memasukkan menara air Pasar Tanjung sebagai salah satu tujuan wisata di paket wisata City Tour Jember. Menara air ini juga masuk dalam daftar kunjungan rute city tour yang memakai Angkutan Wisata Jember.

Angkutan Wisata Jember telah diluncurkan oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (15/9/2021). Usai peluncuran program tersebut, SURYA mengikuti perjalanan wisatawan rute City Tour Jember. Tujuan pertama adalah menara air Pasar Tanjung.

Wisatawan diajak melihat menara atau tandon air itu dari dekat, yakni dari roof-top Pasar Tanjung. Bangunan tersebut terlihat menjulang. Delapan pilarnya masih kokoh menopang tandon air kuno yang berbentuk lingkaran.

Founder TBK yang juga menginisiasi lahirnya program Angkutan Wisata Jember, Hasti Utami menegaskan, menara air Pasar Tanjung masuk dalam daftar kunjungan wajib rute City Tour alias putar-putar Kota Jember.

"Karena Pasar Tanjung ini memiliki nilai sejarah. Supaya orang tidak hanya mengenal Pasar Tanjung sebagai tempat membeli brambang (bawang merah). Gema Proklamasi di Jember pertama kali diperdengarkan dari Radio RRI yang berada di Kantor Mantri Pasar. Kemudian ada tandon atau menara air ini, yang ada sejak sejarah perkebunan Jember. Menara air ini adalah ikon Kota Jember," tegas Hasti.

Gambar tandon air Pasar Tanjung itu juga masuk dalam logo Angkutan Wisata Jember. "Bangunan ini harus dipelihara, dipertahankan, karena meski bangunan lawas tetapi instagramable sekali," imbuhnya.

Ke depan, Hasti berharap kawasan Pasar Tanjung dan menara airnya lebih diperhatikan agar siap menerima kunjungan wisatawan. Kesiapan itu antara lain terkait kebersihan kawasan.

Menara air Pasar Tanjung memang salah satu bangunan heritage di Jember. Berdasarkan tahun penanda di pintu masuk menara air itu, tertulis 1932. Tahun itu berarti masih era kolonial Belanda, namun menjadi penanda tahun lahir bangunan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved